Mohon tunggu...
Rianto Dude
Rianto Dude Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif UNG

Saya hanyalah mahasiswa ung semester satu jurusan manajemen pendidikan fakultas ilmu pendidikan yang mengerjakan tugas membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan Psikologi dalam Pendidikan

28 November 2022   21:59 Diperbarui: 28 November 2022   22:31 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Rianto Dude 

NIM : 131422095

Dosen Pengampuh : Prof. Dr. Novianty Djafri M.Pd.I

PENDAHULUAN

Puji Syukur kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan artikel tentang Pentingnya Mempelajari Psikologi Pendidikan. Artikel ini ditulis sebagai wujud untuk memenuhi tugas dari dosen kami ibu Prof. Dr. Novianty Djafri M.Pd.I.

Siswa memiliki perilaku, kepribadian, dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar, pendidik perlu memperhatikan faktor psikologis anak, karena pendidikan sebagai proses perubahan tingkah laku yang dicapai melalui belajar mengajar tidak lepas dari akal jasmani. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungan. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang. Dalam proses kegiatan pendidikan, peran psikologi menjadi sangat diperlukan.

Manfaat dari mempelajari psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran akan sesuai dengan karakteristik siswa, kegiatan pembelajaran di kelas akan dipahami secara alami, dan pembelajaran akan beragam, metode pengajaran yang efektif, pembelajaran akan menyenangkan, pendidik akan lebih peka terhadap perilaku dan kebutuhan siswa, pendidik akan dapat berkembang menjadi pembelajar yang humanistik yang mengetahui potensi siswa. Dengan teknik yang tepat untuk memaksimalkan potensi belajar siswa, guru dapat memahami masalah siswa dan penyebab masalah.

METODE

Artikel ini ditulis menggunakan metode ilmiah dari buku berjudul "Pengantar Psikologi Pendidikan” yang ditulis oleh beberapa pakar psikologi pendidikan yakni Dr. Heny Perbowosari S.Ag, M.Pd, Dr. Irjus Indrawan S.Pd.I., M.Pd.I, Setyaningsih, S.Ag, M.Si., dan Hadion Wijoyo S.E, S.H, S.Pd.

 

PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun