Mohon tunggu...
Rian mahatma
Rian mahatma Mohon Tunggu... Analis Saham

Analis Saham

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Mengapa Peter F Gontha Tertular Fahira Idris sebagai Penyebar Virus Corona?

11 Maret 2020   09:45 Diperbarui: 11 Maret 2020   10:42 1028 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Peter F Gontha Tertular Fahira Idris sebagai Penyebar Virus Corona?
www.artifaktdigital.com


Dua orang tokoh mengunggah berita terkait virus corona secara gegabah.  Entah kebencian apa yang ada dipikiran mereka, tetapi postingan mereka meski singkat bisa memicu ketakutan dan hoax.

Dan setelah ditegur banyak orang (kerena mereka bisa dipidana), mereka cepat-cepat mencabutnya. Kedua orang itu adalah anggota DPP, Fahira Idris dan komisaris Garuda Indonesia Peter F. Gontha.

Harap maklum, keduanya dikenal agresif di dunia maya. Fahira dikenal sebagai pembenar masalah di Ibu Kota dan penggerak ormas demo Bang Japar, sedangkan Peter Gontha adalah pembenar segala kasus di Garuda Indonesia dan bisnis-bisnis kroni-kapitalis.

Pikirlah Dulu, Baru Posting

Akhirnya kita berada di fase yang sudah bukan awal lagi, dari sebuah peradaban social media. Orang zaman sekarang mulai sedikit lebih kritis dibandingkan satu-dua tahun lalu, yang begitu mudah melakukan share tanpa berpikir panjang.

Sesungguhnya meletihkan sekali membaca pesan-pesan yang disampaikan tokoh-tokoh agresif yang tiba-tiba ingin terlihat lebih tahu dari yang lain, ingin mencetak followers sebanyak-banyaknya, bahkan sok bijak.

Padahal mungkin mereka super kaya (namun belum selesai dengan hidup mereka, meminjam istilah buya Syafi’i Ma’rif). Mereka juga sudah punya jabatan mentereng, namun lupa dengan wibawa institusi yang harus mereka jaga.

Fahira Idris menulis tentang jumlah korban yang terkena virus corona secara berlebihan. Kemarin Peter F. Gontha menulis hal senada

Tulisan komisaris Garuda Indonesia Peter Gontha pada halaman Facebook nya.
Tulisan komisaris Garuda Indonesia Peter Gontha pada halaman Facebook nya.
Bahkan ditambahkan kata-kata bombastis ala orde baru: sumber A1 (istilah intelijen zaman itu). Peter mengutip WHO tanpa jelas sumbernya, lalu mengatakan sebagai “berita sangat serius dan dapat saya pertanggung jawabkan.”Bahkan ia mewanti-wanti agar kita menghindari kegiatan umum atau tempat berkumpulnya orang banyak.

Lho? Ini bagaimana sih pak komisaris Garuda Indonesia? Anda kan diberi jabatan oleh presiden Indonesia untuk memimpin perusahaan yang Anda buat rugi, tetapi bisnisnya mendatangkan “kerumunan orang.” Bagaimana Anda bisa menakut-nakuti rakyat agar tidak bepergian, tidak naik pesawat atau pergi ke bandara tempat keramaian umum?

Bukankah presiden malah memberi diskon penerbangan hingga 50% agar rakyat bepergian dan Garuda kembali ramai? Agar kami-kami ini tidak kekurangan pekerjaan?

Atau sebaliknya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN