Mohon tunggu...
Rianhe  Hanatan
Rianhe Hanatan Mohon Tunggu... Belum Menikah

Indonesia, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kegiatan KKN Masa Pandemi COVID-19 di Kampung Sonojiwan, Sukoharjo

14 Juli 2020   07:42 Diperbarui: 14 Juli 2020   07:45 13 0 0 Mohon Tunggu...

Universitas Sebelas Maret Surakarta telah menciptakan program terbaru dalam Kuliah Kerja Nyata, dengan cara mahasiswa mengabdikan kinerjanya pada masyarakat sekitar di lingkungan tempat tinggal masing-masing untuk memutus rantai persebaran virus corona yang sudah semarak dimana-mana dan untuk mengedukasi masyarakat agar  tidak panik, melainkan tetap waspada dalam melawan pandemi COVID-19 ini. 

Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa yang bernama Rianhe Binthariningrum Hanatan ini sudah direalisasikan di Kampung Sonojiwan RT 05, RW 22 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 45 hari sejak 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020.

Tema besar kegiatan KKN yang diambil oleh mahasiswa yang melaksanakan KKN Batch II Masa Pandemi COVID-19 ini adalah pendidikan masyarakat. Program kerja yang direalisasikan adalah pembuatan video materi ajar, pembelajaran online, pembuatan tutorial pembuatan herbarium dan tutorial pembuatan terarium. 

Pembuatan materi ajar mengambil sub bahasan mengenai Animalia untuk jenjang sekolah Sekolah Menengah Atas kelas X. Video materi ajar ini telah mengaplikasikan penggunaan media pembelajaran kontekstual dan penggunaan bahasa yang jelas, sehingga akan memudahkan viewers untuk memahami materi tersebut. Pandemi COVID 19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. 

Oleh karena itu mahasiswa UNS ini mengadakan pembelajaran online yang dapat membantu masyarakat khususnya siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah dari sekolah, membantu persiapan ujian akhir maupun persiapan dalam tes ujian masuk kuliah. Pembelajaran online ini telah direalisasikan melalui whatsapp dan grup facebook yang bernama "Kereta Muda".

Program kerja KKN selanjutnya adalah pembuatan video tutorial herbarium dengan memanfaatkan barang seadanya dan potensi masyarakat yang sudah ada, ternyata dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai ekonomis dan estetik. Kemudian selain herbarium, terdapat pula video tutorial pembuatan terarium. 

Walaupun istilah "terarium" ini di kalangan masyarakat masih terasa asing, mahasiswa yang berumur 20 tahun ini mencoba membuat tutorialnya yang kemudian diupload di You Tube. Terarium ini selain memiliki nilai unik, estetik, ternyata memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. 

Tentu dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita, dan potensi serta waktu longgar selama pandemi COVID-19. Sosialisasi mengenai tutorial ini dilakukan di Sonojiwan RT 05, RW 22, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo baik secara online maupun offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

Respon dari masyarakat dengan diadakannya KKN di masa pandemi COVID-19 ini sangatlah baik, banyak pihak yang sangat berantusias ingin mempraktekannya di rumah. 

Dari sosialisasi ini dapat diketahui, ternyata kegiatan bermanfaat dan produktif tidak harus dilaksanakan di luar rumah akan tetapi dapat pula dilakukan di rumah. Dengan mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap stay at home, kita tetap bisa beraktivitas yang bermanfaat dan produktif. Hati kita senang, keluarga pun senang.

Tetap jaga kesehatan dan stay at home. Salam Literasi!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x