Tekno

Tutorial Premiere Pro

7 Januari 2018   21:46 Diperbarui: 7 Januari 2018   22:14 248 0 0

Sekarang ini banyak peminat dalam menjadi video creator. Sebagian besar tertarik di dunia youtube misalnya (pengen jadi Youtubers gitu).

Bahkan, untuk upload video di instagram pun sebagian orang sangat memperhatikan dalam 'kualitas'nya. Menjadi video creator pastinya harus ada bekal dalam dunia editing, minimal tau basic nya dulu.

Kalau gak ngerti apa-apa gimana coba mau bikin video. Gak mungkin kan cuman modal nekat aja.

Nah disini saya akan membantu untuk mengenalkan salah satu software editing yang sudah sering dipakai para video creator.

Adobe Premiere ini sudah banyak dikenal. Ini belum masuk tutorial, hanya pengenalan sedikit.

Nah, postingan ini cocok nih buat kalian yang menjadi panitia dokumentasi dadakan, atau pengen banget mulai jadi video creator. Oke, langsung saja.

Membuat sebuah project (Create a project)

Oke pertama untuk mengawalinya disini saya akan menjelaskan bagaimana kita mulai membuat project :

  1. Buka Premiere Pro dulu.
  2. Untuk membuka file project yang sudah ada. Di Start screen (menu awal ketika dibuka) double click project yang sudah ada, atau klik "Open Project" dan pilih file yang sudah ada di folder tempat kita menyimpannya.
  3. Untuk membuat project baru. Click "New Project" di Start screen. Tentukan 'Nama project' kita, lalu piih lokasi tempat menyimpan file project itu nantinya dengan mengklik 'browse', dan klik OK.
  4. Untuk import media file (memasukkan media file), menggunakan Media Browser panel, cari file yang ingin kita import, pilih video yang ingin kita kerjakan di Premiere Pro. Lalu klik kanan video yang ada di Media Browser panel, dan pilih Setelah video sudah di import, kita siap untuk mulai tahap edit.

Mengenal Workspace

Selanjutnya kita akan membahas user interface dasar untuk terbiasa dengan Premiere Pro :

  1. Panels :Masing-masing panel ini ada tujuan/kegunaannya sendiri. Kita bisa mengatur ulang ukuran atau memindahkan posisi masing-masing dari panel ini sendiri. Semua panel bisa kita akses di Windows menu.
  2. Workspaces : Layout preset dengan panel ditampilkan atau diatur untuk menyesuaikan penggunaan, misal kita ingin mengedit video atau kita ingin mengedit audio. Untuk mengembalikan tampilan workspace ke pengaturan awal, pilih Window > Workspace > Reset to Saved Layout.

Singkatnya, Workspaceadalah suatu tempat yang memungkinkan kita untuk mengelola tampilan/window di layar editing kita. Dan untuk panels saya akan bahas di postingan selanjutnya.

Import media

Ketika kita akan memasukkan footage video (bahan video) ke Premiere Pro, video-video itu akan muncul sebagai clip (shortcuts ke file video itu) di Project panel.

  1. Gunakan panel "Media Browser" untuk mencari dan memasukkan footage video kita. Dan untuk preview sebuah video kita gunakan Source Monitor, tinggal kita double klik saja. Lalu untuk mengimport file, pilih beberapa video nya dan klik kanan lalu pilih Import(atau lebih gampangnya sih tinggal tekan "ctrl+i" dan pilih deh video-videonya.
  2. Selanjutnya Bins, ini untuk mengelompokkan clip video seperti halnya folders yang biasa kita kenal ya. Untuk membuat bin, klik 'New Bin'di Project panel.

Membuat sebuah sequence

Pengerjaan project di Premiere Pro ini menggunakan sequence, maka kita akan membuat sequence dari clips yang kita kerjakan. Dan kita akan membuat sequence sebelum kita bisa menambah clip ke sequence.

  1. Saat kita membuat sebuah sequence, maka sequence yang dibuat akan muncul di Project panel dengan beberapa clip yang sudah dimasukkan. Kita bisa membuat sequence sebanyak yang kita mau di satu project.
  2. Untuk membuat sequence, drag (tahan dan geser) satu atau lebih clip ke dalam Timeline panel. Cara lainnya, kita pilih satu atau lebih clip yang ada di Project panel, lalu klik kanan dan pilih 'New Sequence from Clip'
  3. Jika ingin menambahkan clip tinggal drag saja clip yang ingin kita tambahkan ke Timeline panel.
  4. Untuk menghapus clip dari sequence, pilih clip yang ingin dihapus dan tekan delete. Kamu juga bisa menghapus clip menggunakan Shift+Delete, maka clip akan terhapus tanpa meninggalkan celah (ruang kosong) antar clip di sequence.

Singkatnya, Sequence itu sama artinya dengan sebuah wadah untuk video dan audio. Sequence merupakan sebuah file tersendiri pada panel Project.


Ya, itu saja sementara untuk pengenalan tentang software Adobe Premiere Pro. Semoga bisa bermanfaat untuk kita sama-sama belajar.

Terima Kasih. Dan terus selalu cek blog ini untuk Tutorial selanjutnya.