Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA)
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA) Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Tips agar Anak Mendengarkan Perkataan Orangtua dan Guru

30 November 2022   19:25 Diperbarui: 1 Desember 2022   03:23 1097
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guru dan murid di kelas (PIXABAY)

Mendidik anak memang kewajiban orangtua dan guru. Mendidik mereka terkadang mudah dan terkadang susah. Apalagi generasi Z dan Alpha yang sudah dibuai oleh kecanggihan gadget.

Kadang, ketika Mom dan Dad di rumah memanggil tak mereka dengar. Dihampiri, ternyata telinga disumpal earphone. Tentulah mereka tak mendengar panggilan orangtua karena telinga tertutup earphone.

Saya dan suami di rumah sudah bikin aturan, no aerphone ketika mereka memegang android. Oke, mereka patuh saat itu. Mereka menyerahkan aerphonenya. Namun, tak semua anak bisa kita kondisikan no aerphone.

Ternyata, mereka pintar. Aerphone satu disita, eh mereka beli lagi aerphone baru pakai uang jajan mereka. COD lagi. Keren dan kreatif mereka. Saya dan suamipun geleng-geleng kepala. Waduh, kena prank lagi.

Oleh karena itu, pengetahuan mendidik anak agar menurut kepada orangtua dan guru sangatlah penting dilakukan. Tak semua kita, orangtua paham betul cara mendidik anak dengan baik. Masih saja kita kadang tertipu.

Hal mendidik anak memang tidaklah mudah, bahkan ada perilaku anak yang membuat orangtua dan guru merasa stres, kesal, dan merasa gagal menjadi orangtua dan guru. 

Ahli parenting dan psikolog anakpun mengakali bagaimana cara menyiasati anak-anak ini. Miller, salah seorang ahli parenting mengungkapkan bahwa berdasarkan apa yang kita lihat selaku orangtua merupakan hal penting yang harus disikapi.

Masalah anak menipu itu harus dicarikan solusi dan dilakukan pencegahan oleh orangtua dan guru. Cara berkomunikasi orangtua dan guru dengan anak perlu disiasati.

Pada saat menghadapi masalah seperti itu akan lebih mudah dipahami dan diterima si kecil jika kita berbahasa sesuai kondisi mereka saat bermain gadget.

Nah, bagaimana caranya agar anak mau mendengarkan perkataan orangtua dan guru baik saat dipanggil maupun saat diajak berbicara? Tips berikut bisa kita cobakan di rumah dan di sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun