Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA)
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA) Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

8 Miliar Penduduk Bumi, Apakah Risikonya?

18 November 2022   15:22 Diperbarui: 18 November 2022   15:28 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Populasi manusia perhitungan PBB 8 miliar jiwa pada 15 November 2022 lalu : foto futurism

Terbayangkah oleh Anda beban bumi saat ini? Pecah rekor beberapa bayi di belahan bumi mencukupi jumlah penduduk bumi 8 miliar. Bayi bernama Vinice Mabansag yang lahir 15 November 2022, tepatnya Selasa lalu, terpilih menjadi bayi kedelapan miliar yang lahir di Bumi.

Mabansag yang lahir pukul 01.29 dini hari di RS Dr. Jose Fabella Memorial Hospital Manila, Filipina, segera disambut pejabat Komisi Kependudukan dan Pembangunan Filipina

Begitu juga bayi asal Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan jadi manusia ke-8 miliar plus di Bumi.

Bayi itu juga lahir , Selasa (15/11/2022) atau bertepatan dengan populasi penduduk dunia mencapai 8 miliar jiwa.

Mabansag terpilih sebaigai penanda tonggak sejarah dan diberi gelar simbolis penduduk Bumi kedelapan miliar.

"Simbol dunia menyambut Vinice Mabansag dari Delpan, Tondo sebagai bayi ke-8 miliar dari Filipina," tulis  laman Facebook, dikutip dari Next Shark, Kamis (17/11).

Di belahan Bumi lain, lahir pula bayi bernama Domingo yang lahir di sebuah Rumah Sakit Nuestra Senora de la Altagracia maternity hospital di Kota Santo Domingo, Republik Dominika dipilih pula menjadi penduduk kedelapan plus miliar.

Bersama perayaan kelahiran bayi-bayi kedelapan miliar itu turut terjadi  bersamaan prediksi peningkatan pertumbuhan penduduk Bumi selama 60 tahun ke depan. 

Pertumbuhan penduduk dapat diperkirakan melalui peningkatan bertahap umur yang dihasilkan melalui perbaikan pengobatan, nutrisi, dan kebersihan pribadi.

Proyeksi terbaru dari PBB menunjukkan populasi dunia dapat tumbuh dari 8,5 miliar pada tahun 2030 dan 9,7 miliar pada tahun 2050-an. Pencapai puncaknya sekitar 10,4 miliar pada tahun 2080-an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun