Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA)
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA) Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Anakku Sekarang Pendiam, Mengapa?

2 November 2022   17:53 Diperbarui: 2 November 2022   18:19 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hindari memotong ucapannya karena hal tersebut dapat mengecilkan hatinya: fimela.com

"Nanti, anak malas untuk berbicara lagi, dan memilih diam. Setelah mengobrol, coba ajukan pertanyaan. Gunanya untuk melihat apa yang sudah ditangkap anak lewat obrolan."

Hari ini saya mengamati absen di kelas. 5 dari 31 siswa di kelas saya ternyata bolong-bolong datang ke sekolah. Satu hari hadir, satu hari sakit.

Benarkah ada sakit seperti ini. Satu hari sehat dan satu hari sakit. Eh, semua mengeluh sakit magh dan pusing. Satu di antara yang 5 itu bermain bola kaki kuat tapi giliran belajar di kelas, izin karena sakit magh dan pening.

Rata-rata kelima anak ini di kelas kategori cerdas. Mereka pun biasanya rajin berbicara di kelas dengan temannya. Dengan gurupun tak ada masalah. Pengaduan guru mata pelajaran lainpun akan ulah mereka tak ada. 

Lalu mengapa mereka sering izin dan orang tua mereka mendapati mereka pendiam di rumah? Adakah yang menekan mereka hingga berubah pendiam seperti pengaduan orang tua? Atau ini masalah karakter dan motivasi?

Anak pendiam biasanya sulit berinteraksi dengan orang lain. Namun, saya melihat ke-5 murid saya tak ada masalah saat berinteraksi dengan teman sekelompoknya di kelas. Mereka enjoy berdiskusi ketika belajar dengan saya.

Terus mengapa sikap mereka enjoy readi di kelas dan mengapa bad mood di rumah? Bad mood memang bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari masalah mental sampai keadaan keluarga. 

Untuk mengatasinya, ayah bunda cobalah membuka obrolan dengan anak dan dengarkan keluh kesahnya. Dia mungkin terlihat kurang berkiprah aktif, jarang mengobrol, atau bermain dengan sahabat-sahabat seumurannya.

Penyebab seseorang pendiam, termasuk pada anak-anak, dapat dipicu masalah mental hingga korelasi keluarga. Kondisi ini dapat menghipnotis kepribadian anak sehingga kemampuannya untuk bersosialisasi dengan orang lain tidak ada.

Namun, ayah bunda jangan risau karena terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dilema anak pendiam dan tertutup. Sebelumnya kita harus tahu penyebab anak pendiam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun