Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Galau dan Kemudahan

19 September 2022   21:47 Diperbarui: 19 September 2022   22:01 166 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Awas Galau:Harapan Rakyat.com

Untuk saudaraku yang sedang galau
karena maksiat inilah terapi taubat dan istighfar dari Rabbmu sekalian kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala semoga kamu beruntung, bisik malam di telingaku.

Taubat dari kemaksiatanmu dengan taubat nasuha yang menyempitkan dadaku dan menyesallah dengan penyesalan yang dalam dengan janji Jangan aku ulangi dan tutuplah semua pintu menuju ke sana, bujuk malam.

Gantilah hari yang aku isi dengan maksiat dengan hari yang penuh ketaatan dengan bertaubat kepada Allah dan taubatan nasuha yang semurni-murninya dan mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu, ajak malam.

Kegalauan hati yang aku alami terkadang menyempitkan dada dan menimbulkan masalah yang berlarut-larut di hati ketika sedang tertimpa rasa galau maka obatilah dengan ketaqwaan galaumu dengan aktivitas ketaqwaan niscaya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberimu ketenangan dalam galaumu, bujuk malam.

Dia akan mengadakan bagiku jalan keluar
pintu-pintu ketaqwaan yang banyak Saudaraku yang galau karena dunia yang diusahakannya...perniagaan yang memeras staminanya...cintanya yang mendera jiwa...
Ataupun galau karena jodohnya belum jua tiba masanya, entah di mana, gombal malam.

Memperbanyak dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram, kata malam.

Shalat dan senantiasa sabar kata malam maka Allah Subahanhu wa Ta'ala mengingatkan bahwa menjadikan shalat sebagai penolong dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah  beserta orang-orang yang sabar, jelas malam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam gundah karena musibah lalu Beliau mengerjakan shalat sunnah mutlak 2 raka'at.
dan optimis bahwa setiap ujian dan kesedihan akan ada kemudahan yang mengiringi, kata malam lagi dengan sabar.

Saudaraku, Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan sesuatu senantiasa ada antonimnya sebagai lawannya termasuk kesedihan dan kegalauan lawannya kesenangan dan kelapangan, rayu malam lagi dengan lapang dada.

Baca juga: Sebuah Nama

Bahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala sebutkan sebanyak dua kali agar aku dan kamu optimis, tetap semangat dalam ikhtiarmu bahwa yakinlah setiap masalah pasti ada akhirnya. Inilah janji Allah Subhanahu wa Ta'ala, bahwa  ada dua kemudahan yang mengapit sebuah kesulitan, tutup malam sambil tersenyum memperlihatkan optimisnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan