Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Juara 1 Robotik sebagai Awal Kebangkitan Pendidikan Sains atau Mekanika

20 Agustus 2022   09:32 Diperbarui: 20 Agustus 2022   10:12 250 19 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peserta robotika sedang merakit: sumber foto Rinida Yusmad (Humas)

Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. Wikipedia.

MTsN Padang Panjang kali ini meraih Juara 1 dalam Kegiatan Workshop Robotik Madrasah se-Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2022 di MAN 1 Bukittinggi. Siswa MTsN, berhasil merakit robot sumo dan berjalan baik hingga proses memasang rangkaian ke body.

2 orang siswa diterjunkan dalam satu tim, Itmamul Ghazi kelas VIII K, Sulthan Kamel Al Hakim kelas VII G yang mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Kompetisi Robotik" itu. Robot sumo yang mereka rakit pada akhir lomba diujikan geraknya.

Mobile Robot Sumo lcT: Rinida Yusmad
Mobile Robot Sumo lcT: Rinida Yusmad

Sebagaimana diketahui, hal yang sangat mendasar atau penting dalam merakit robot sumo adalah tentang teknik pergerakan yang baik pada robot itu. Demikian pula saat penilaian yang paling utama dinilai adalah bagaimana robot dapat bertahan ketika di serang dan menyerang lawan.

Sehingga untuk mencapai dan menerapkan teknik tersebut, seorang robotik diperlukan dan dituntut memiliki sebuah stategi untuk mampu merakit robot sumo yang memiliki pergerakan dan pastinya dapat bertahan ketika diserang dan menyerang.

Sensor yang berguna mendeteksi adanya lawan atau halangan di depan robot sumo akan memperlihatkan keberhasilan seorang robotik. Jika robot bereaksi ke kiri, ke kanan, dan bergerak maju berarti robotik telah sukses menerapkan strategi perakitan robot sumo.

Baca juga: Sakit

Ksemampuan inilah yang diuji di akhir Workshop hingga tim unggulan MTsN Padang Panjang ini keluar sebagai pemenang.

Atraksi gerak robotik sumo: Rinida Yusmad (humas mtsn)
Atraksi gerak robotik sumo: Rinida Yusmad (humas mtsn)

Kegiatan ini merupakan ikhtiar Kanwil Kemenag Sumbar dan Tim Pengembang Robotik Madrasah Sumatera Barat dalam membumikan robotik di kalangan Madrasah di Sumatera Barat (Sumbar). Menjawab bahwa Madrasah juga siap mengikuti era kecanggihan dunia robotik bukan hanya masalah Agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan