Di era modern saat ini, kita tentu tidak asing dengan istilah multimedia.
Multimedia menjadi tempat yang sempurna bagi kita untuk mencari informasi, berkomuniasi, hiburan hingga sebagai tempat untuk berkeluh kesah dan berbagi pengalaman. Tak jarang, multimedia juga digunakan sebagai wadah untuk menyalurkan hobbi, menjajakan produk olahan hingga tempat untuk mengiklankan berbagai produk kecantikan.
Pada dasarnya, multimedia berasal dari bahasa latin yakni "multi" dan "media". Multi berarti banyak atau bermacam-macam sedangkan media berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu.
Secara umum multimedia merupakan penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.(http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia1.pdf)
Terdapat empat komponen utama dalam multimedia yakni Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai. Links, yang menghubungkan dengan informasi. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai.
Keempat komponen tersebut harus terpenuhi untuk dapat dikatakan multimedia, jika ada satu yang tidak penuhi maka disebut mixed media atau media campuran.
Umumnya, setiap pengguna memenuhi komponen tersebut saat berhubungan dengan flatform media.
Di instagram, line, bigo hingga BBM misalnya, semakin memperbaharui medianya dengan memberikan fitur-fitur terbaru dan up to date, sehingga semakin memudahkan penguna dalam berbagi video, audio dan teks secara bersamaan bahkan fitur  live straming pun dapat diakses melalui media ini.
Beragamnya flatform multimedia juga menumbuhkan conten creator muda yang berbakat dan dan kreatif. Mereka mampu untuk menciptakan dan membagikan karya terbaiknya di berbagai jejaring media yang kita kenal dengan sebutan vlogger dan selebgram.
Keadaan seperti ini tentu sangat baik karena dapat mengasah bakat dan keterampilan, menumbuhan kepercayaan diri serta dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Tidak hanya sebatas itu, multimedia juga banyak digunakan dalam media hiburan, seperi game.