Olahraga

Economic Chess Competition ke VIII di Kalimantan Barat

7 Maret 2018   18:39 Diperbarui: 7 Maret 2018   18:50 942 0 0

Catur merupakan salah satu olahraga favorit yang diminati oleh kaum muda dan kaum dewasa. Olahraga ini mudah untuk dilakukan. Cukup untuk membawa papan catur beserta buah caturnya agar bisa dimainkan. Selain itu, catur bisa dimainkan dengan mendownload aplikasi di smartphone. Biasanya, catur sangat digemari oleh bapak-bapak yang sedang 'nongkrong' diwarung kopi. Di Pontianak, catur sering diselenggarakan oleh PERCASI, salah satunya pertandingannya adalah Economic Chess Competition atau disebut dengan ECC.

Economic Chess Competition (ECC) adalah suatu kompetisi pertandingan olahraga catur yang diadakan oleh PERCASI KALBAR dengan HIMEPA (Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. ECC mulai diadakan pada tahun 2010. Kompetisi ini diselenggarakan setahun sekali, biasanya pada bulan April atau Mei. Pada tahun ini, ECC yang ke VIII akan diselenggarakan pada akhir bulan April 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Ada beberapa tingkat atau biasa disebut dengan grup dalam pertandingan ini, yaitu tingkat SD Putra Putri, SMP Putra Putri, SMA Putra Putri, Mahasiswa/Mahasiswi, serta Umum (Dewasa). Pertandingan ini berlangsung selama 7 babak dalam 3 hari. Pertandingan ini memakai sistem catur standart. Yang dimana dalam 1 babak, dimainkan selama 2 jam atau 1 jam per orang. Pada hari pertama, pemain memainkan 2 babak dalam sehari dari siang hingga sore, bisa saja sampai malam. Untuk hari kedua, pemain memainkan 3 babak dalam 1 hari dari pagi hingga sore. Dan untuk hari ketiga, pemain memainkan catur 2 babak. Setelah selesai dalam 2 babak tersebut, akan diadakan penutupan dan pengumuman juara pertandingan ECC tersebut.

PERCASI maupun HIMEPA berharap semoga peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ECC ke VIII tahun ini bisa memperoleh peserta sebanyak mungkin. Selain itu, semoga dengan diadakannya pertandingan ini akan menambah pengalaman para atlet catur di Kalimantan Barat serta menambah minat dan bakat di olahraga catur.