Riana Dewie
Riana Dewie karyawan swasta

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Film Filosofi Kopi 2, Temukan Rasa Nikmatnya

17 Juli 2017   23:54 Diperbarui: 18 Juli 2017   01:38 392 1 0
Film Filosofi Kopi 2, Temukan Rasa Nikmatnya
Filosofi Kopi 2 (Dok.Pri)

Menginspirasi banyak orang, inilah gelar terbaik untuk film ini. Menyatukan ide memang tak mudah, tapi itulah yang membuat hasil 'racikan' film ini sangat bisa dinikmati oleh banyak orang. Berkeliling Indonesia untuk bersatu dengan budaya setempat demi menghidupkan passion akan kopi memang tak mudah. Mereka bilang, ini adalah perjuangan demi mempersiapkan sebuah karya tentang 'persahabatan' dan 'kopi' yang bernuansa edukasi. Filosofi Kopi 2 'Ben & Jody', sebuah karya terbaru sutradara Angga Dwimas Sasongko yang sukses mengurasi emosi.

Rasa salut tak terbendung saat menikmati film sekuel ini. Imajinasi saya sukses diterbangkan dengan alur cerita yang begitu kompleks, karakter yang beragam, penuh dengan masalah namun endingnya ada solusi yang dimunculkan yang menghadirkan rasa lega. Digarap secara serius oleh para kru handal, karya yang telah dipersiapkan sekitar dua tahun ini nyatanya sukses memercikkan nilai-nilai hidup bagi banyak orang.

Gala Premiere FIlm Filosofi Kopi 2 di XXI Ambarrukmo Plaza (Dok.Pri)
Gala Premiere FIlm Filosofi Kopi 2 di XXI Ambarrukmo Plaza (Dok.Pri)

Film yang mulai tayang 13 Juli 2017 ini seakan menjadi sebuah magnet bagi mereka penyuka kopi. Upss, sebenarnya tak hanya untuk para pecinta kopi saja. Buktinya, saya pribadi yang jarang minum kopi ini juga tertarik lho untuk mengenal kopi lebih dekat usai menonton Gala Premiere Filosofi Kopi 2 ini beberapa waktu lalu (04/07/17). Dikemas secara halus, melibatkan perasaan serta memunculkan tokoh-tokoh yang begitu menjiwai, produk Visinema Pictures ini masuk sebagai kategori film yang ditunggu-tunggu banyak orang di tahun 2017 ini.

Filosofi Kopi 2 menceritakan tentang petualangan dua sahabat, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) yang berkeliling Indonesia demi mendapatkan citarasa kopi paling enak. Berjuang bersama kombi tersayang, setiap racikan kopi yang dihidangkan selalu diwarnai oleh 'filosofi' indah untuk meningkatkan rasa nikmatnya, disamping merayu para pelanggan cantiknya. Hihihi....

Suatu ketika terjadilah kesepakatan untuk kembali membuka kedai kopi di Jakarta hingga Tuhan mempertemukan mereka dengan investor cantik bernama Tarra (Luna Maya) dan barista manis bernama Brie (Nadine Alexandra). Mereka berempat sempat terlibat dalam hubungan emosional yang menguras energi, bahkan persahabatan kedua owner kedai Filosofi Kopi pun terancam retak.

Nonton Filosofi Kopi 2 bersama dengan para artisnya, memang asyik (Dok.Pri)
Nonton Filosofi Kopi 2 bersama dengan para artisnya, memang asyik (Dok.Pri)

Film yang mengajak banyak orang agar lebih bisa menghargai kopi dalam negeri ini ternyata punya nilai yang berarti. Dimulai dari lokasi shooting, skill menyeduh kopi, narasi filmnya, soundtrack indahnya maupun efek setelah ada film ini ternyata menyimpan 'rasa' dan membawa pengaruh positif bagi banyak orang. Tidak percaya? Berikut sedikit informasi yang bisa saya rangkum dari film sekuel ini:

Barista Tak Sekadar 'Penyeduh Kopi'

Film ini sangat lekat dengan kedai kopi dan baristanya. Demi menjiwai perannya sebagai barista, Chicco Jerikho tak segan untuk mengikuti kursus barista, loh. Ia benar-benar belajar tentang cara menyeduh kopi, cara menikmati kopi dari aroma dan rasanya.

Di film ini, peran Ben dituntut untuk menjadi barista yang tak hanya bisa menyeduh kopi, namun bagaimana memanfaatkan keahliannya ini untuk menyajikan kopi nikmat yang dipadukan dengan seni. Namun konflik sering terjadi kala Brie, barista barunya, memiliki perbedaan prinsip saat meracik kopi, yang terkesan lebih pakai hati dan sangat jeli. Seperti apa sih rasa kopi yang diinginkan Ben? Tonton saja sendiri :D

Shooting di Toraja demi 'kopi'

Beberapa kota besar menjadi bidikan lokasi shooting film ini, tentu sesuai dengan kultur yang diceritakan dalam Filosofi Kopi 2 ini. Selain mendatangi Jakarta, Bali, Yogyakarta dan Makassar, film yang diangkat dari novel Dee Lestari ini juga menggandeng tanah Toraja untuk mencuil sejumput potesi dan keindahan yang ada di sana. Ya, Toraja sendiri selama ini juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Disinilah 'bumbu' film ini ditemukan. 

Benar, film ini memang menawarkan 'rasa' berbeda saat mengeksplor keindahan kebun kopi di Toraja. Wewangian biji kopi di tempat ini mengiringi kedekatan Jody dan Tarra yang terajut dari hati. Akankah mereka punya 'rasa' yang sama pada akhirnya? Yuk tonton filmnya :D

Saat tokoh 'Jody' Rio Dewanto diajak selfie penggemarnya Dok.Pri)
Saat tokoh 'Jody' Rio Dewanto diajak selfie penggemarnya Dok.Pri)

Ingin Tahu isi Film ini? Dengarkan soundtracknya

Dalam sebuah talkshow di sebuah stasiun televisi, Luna, Rio serta Chicco mengungkapkan bahwa setiap soundtrack film ini mewakili setiap adegan dalam film tersebut. "Dengarkan deh soundtracknya, nanti jadi ingat ini adegan yang mana...", kira-kira seperti itu pemaparan tokoh yang berperan sebagai Tarra ini.

Selain sebagai pemain di film ini, Chicco dan Rio juga berperan sebagai produser dan pengisi soundtrack juga. Lagu lawas berjudul 'Sahabat Sejatiku' milik Sheila on 7 ini diaransemen ulang dan dinyanyikan secara langsung oleh mereka berdua. Kenapa harus mereka sendiri yang menyanyikan ini? Tentu, mereka ingin membangun kedekatan yang lebih personal dengan para penggemar film ini. Wah, punya 'rasa' banget ya :D

Angga Dwimas Sasongko, sutradara film Filosofi Kopi 2 (Dok.Pri)
Angga Dwimas Sasongko, sutradara film Filosofi Kopi 2 (Dok.Pri)

Pengaruh Positif dari Film Filosofi Kopi 2

Kehadiran film ini ternyata juga membawa pengaruh positif bagi banyak orang. Tak hanya membawa kesan edukatif bagi setiap orang yang menontonnya, film ini nyatanya juga membawa pengaruh ekonomi bagi masyarakat. Saat berjumpa dengan dua aktor ini, banyak yang mengucapkan terimakasih karena sejak film Filosofi Kopi ini tayang, mereka jadi lebih berani dan memiliki 'greget' lebih untuk membuka kedai kopi di setiap kotanya.

Tak hanya itu. Hubungan kerja sama antara masyarakat dengan para petani kopi juga semakin erat, lantaran permintaan kopi dari berbagai daerah meningkat setelah menonton film ini. Yang sebelumnya bukan penyuka kopi, tiba-tiba jadi penggemarnya, bahkan kini minum kopi sudah menjadi 'lifestyle' loh sejak film Filosofi Kopi ini ada. Apalagi versi yang ke-2 ini makin hot, gak kebayang makin banyak orang yang terinspirasi. 

Tiket Nonton Filosofi Kopi 2 (Dok.Pri)
Tiket Nonton Filosofi Kopi 2 (Dok.Pri)

Nah, itulah beragam ‘rasa’ yang ditawarkan dalam Film Filosofi Kopi 2 'Ben & Jody' yang sukses menarik perhatian orang ini. Sudah siap incip nikmatnya film ini? Yuk buru tiketnya, sebelum kehabisan :D Film ini memang istimewa karena membawa misi sosial bagi Indonesia. Ceritanya, setiap Anda membeli satu tiket Filosofi Kopi 2 ini, Anda berarti ikut menyumbang 1 benih kopi untuk petani kopi di Indonesia.

Tak hanya itu, tiket nonton jangan dibuang ya karena Anda dapat menukarnya dengan satu cup kopi gratis di kedai Filosofi Kopi di kota Anda. Wah, mantab bener ya. Ahhhh, sayang sekali, tiket saya kemarin sudah hilang entah kemana. Tapi, ‘rasa’ dari film Filosofi Kopi 2 ini akan selalu melekat dihati saya. Beneran :D

Riana Dewie