Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Petualangan Susur Gua hingga "Pertarungan" Sugriwa Subali di Gua Kiskendo Kulon Progo

26 Maret 2021   06:16 Diperbarui: 26 Maret 2021   08:47 1378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gua Kiskendo Kulon Progo dengan legenda Sugriwa Subali (Dokpri)

Gua Kiskendo Kulon Progo - Dua kisah kakak beradik, Sugriwa dan Subali, diutus para dewa untuk menyelamatkan Dewi Tara dari cengkraman Mahesasura dan Lembusura. Dewi Tara adalah bidadari yang tak lain merupakan putri sulung dari Bathara Indra, penguasa kahyangan Kaindran. 

Singkat cerita, dalam perjalanannya, Sugriwa dan Subali justru berselisih dan saling berebut Dewi Tara. Jadi, siapa yang pada akhirnya memenangkan hati sang bidadari?

Pertama Kalinya Berkunjung ke Gua Kiskendo, Kulon Progo 

Piknik merupakan aktivitas menyenangkan dan bisa menjadi healing buat saya pribadi, baik untuk fisik maupun psikis yang makin mengkhawatirkan sejak pandemi menghampiri. 

Saya pribadi selalu memiliki alasan setiap kali keluar rumah, bisa karena dalam rangka menyelesaikan pekerjaan, membeli barang kebutuhan atau sekadar refreshing seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu.

Gua Kiskendo Kulon Progo (dok. Riana Dewie)
Gua Kiskendo Kulon Progo (dok. Riana Dewie)

Ajakan Dinas Pariwisata Kulon Progo untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata tentu saya terima dengan senang hati, mengingat bahwa beberapa waktu belakangan ini, saya memang kurang piknik. 

Kegiatan bertajuk Familiarization Trip atau lebih poplernya disebut Famtrip ini menarik perhatian saya karena ada tiga destinasi yang rencananya akan dikunjungi, yaitu Gua Kiskendo, Gua Sumitro dan yang terakhir adalah desa wisata Tegal Pule.

Gua Kiskendo adalah destinasi pertama yang kami kunjungi, dimana obyek wisata ini masih satu area dengan Gua Sumitro. Gua Kiskendo adalah sebuah gua berbentuk lorong yang lumayan panjang dan berliku, area didalamnya cenderung basah dengan hiasan stalaktit pada langit-langit guanya.

Susur Gua Kiskendo: Mengintip Ruang Pertapaan Masa Lalu  

Jalan masuk Gua Kiskendo (dok. Riana Dewie)
Jalan masuk Gua Kiskendo (dok. Riana Dewie)

Menurut Wikipedia, Gua Kiskendo adalah sebuah gua yang juga menjadi objek wisata di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun