Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Dawet Kani, Kuliner Baru di Jogja dengan Harga Mahasiswa

14 Oktober 2020   23:55 Diperbarui: 15 Oktober 2020   01:21 1224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dawet Kani Jogja (Riana Dewie)

Waktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya memiliki beberapa jajanan favorit. Selain kue leker yang isiannya masih sangat sederhana, yaitu pisang dan taburan gula pasir, es dawet juga menjadi primadona kala itu.

Iya, seger banget disruput pas jam istirahat siang. Tangan kiri bawa kue leker, tangan kanan bawa plastik isi dawet. Dah gitu masih sempet lari- larian lagi sama temen-temen seragam putih merah yang lainnya.. hihihi.
Oh ya, kamu suka dawet karena apanya? Kalau saya sih hobi banget sama cendolnya. Hihihi...

Dawet Kani di Jalan Kaliurang Yogyakarta

Nah, awal bulan ini, saat melewati area Jalan Kaliurang, Yogyakarta, saya lihat ada warung dawet yang bikin heboh. Hihihi... Jadi, di sana rame banget tuh, setelah saya kepoin tanya kepada pembeli lainnya, ada yang menjawab, "seger, santene kentel tenan mbak niku...". Atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, "segar, santannya kental sekali mbak...".

Warung Dawet Kani dipadati pengunjung (Dok.Riana Dewie)
Warung Dawet Kani dipadati pengunjung (Dok.Riana Dewie)

Nah, karena saya terlahir dari gen orang tua yang doyan banget jajan dawet, akhirnya saya putuskan untuk singgah dan ikut mengantri. Spanduk "Dawet Kani" menyapa setiap pengunjung yang datang. Dawet Kani? Awalnya saya bertanya-tanya, ini jenis dawet apaan sih. Terus, bedanya sama dawet yang lain itu apa?

Keunggulan Dawet Kani Dibanding Dawet Lainnya.

Selangkah demi selangkah maju, sampailah saya berada di depan pas mas penjualnya. Gak sia-sia deh saya ngantri sambil kepanasan. Setelah dipersilakan duduk, saya manfaatkan kesempatan ini untuk kepoin Dawet Kani yang kayaknya bisa ngalahin popularitas es Boba nih. Hihi....

Danial Ahsin, Owner Dawet Kani Jogja (dok. Riana Dewie)
Danial Ahsin, Owner Dawet Kani Jogja (dok. Riana Dewie)

Baiklah, saya akan sedikit kasih bocoran pembicaraan saya dengan owner tentang minuman tradisional asli Indonesia ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun