Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Sempat Negatif Thinking, Kini Saya “Ketagihan” JNE

14 November 2014   22:06 Diperbarui: 4 April 2017   17:46 21416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_375230" align="aligncenter" width="300" caption="sumber : suryaguna.com"][/caption]

Hari ini saya akan bercerita tentang sepak terjang saya di dunia bisnis. Sudah lebih dari 3 tahun, saya menekuni bisnis online shop. Selama 3 tahun itu pula, saya menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan paket kepada customer ataupun menerima kiriman paket dari distributor.  Saya memiliki banyak pengalaman menarik terkait dengan jasa pengiriman yang saya gunakan selama saya berbisnis. Mau tau seperti apa? Ikuti cerita saya selanjutnya.

 

BERBISNIS “ONLINE SHOP” BAJU DAN TAS

Ya, sejak dulu saya adalah wanita pecinta belanja fashion, mulai dari baju, sepatu, tas dan berbagai aksesoris pelengkap lainnya. Hobby saya yang setiap saat mudah terpesona oleh penawaran produk tas atau baju dari para reseller di kontak BB membuat saya selalu terjerumus untuk mengeluarkan uang tanpa pikir panjang. Bertahun-tahun lamanya saya merasakan pemborosan tabungan yang luar biasa lantaran gemar belanja. Akhirnya, sekitar awal tahun 2011, saya tiba-tiba tergerak untuk menjadi “reseller” juga karena saya melihat potensi pasar dari berjualan produk online di BB sangatlah menjanjikan.  Akhirnya saya mencoba merambah bisnis online shop baju dan tas dengan hanya modal 1 unit HP Blackberry (BB).

Puji Tuhan, saat itu bisnis saya lumayan berkembang, minimal keuntungan yang sedikit demi sedikit tersebut bisa untuk menambah tabungan. Walaupun saat itu saya sudah mulai bekerja kantoran, namun tekad saya untuk menambah penghasilan sangatlah tinggi. Akhirnya, banyaknya pesanan customer dari luar kota mengharuskan saya untuk menggunakan jasa ekspedisi pengiriman paket. Dari berbagai macam ekspedisi yang pernah saya coba, pilihan terakhir dan yang sampai saat ini masih saya percaya untuk pengiriman paket jualan saya hanyalah JNE.

 

PERNAH “MALU” SAMA JNE GARA-GARA INI

Ada beberapa kejadian yang menurut saya lumayan memalukan karena pada awalnya saya sering ‘negatif thinking’ kepada JNE saat proses pengiriman paket. Tidak hanya sekali, berkali-kali saya punya pengalaman yang bisa saya jadikan pembelajaran saat bekerjasama dengan JNE. Berikut ini pengalaman saya :

Pengalaman Pertama :

Kiriman Saya ke Customer sudah 3 minggu kok belum sampe? Pasti nih diambil oleh salah satu kurir JNE..!!!

Saat itu, sekitar tahun 2011 ada seorang customer yang membeli sebuah tas dari saya, kalau tidak salah seharga Rp.200.000,-. Biasanya pengiriman lancar saja, apalagi saat itu pengiriman sistem dropship, dimana barang dikirim dari distributor langsung ke customer saya. Dari Jakarta Utara ke Jakarta Selatan saya pikir tidak memerlukan waktu banyak, maksimal juga 3 hari sudah sampai. Namun saat itu seminggu pertama, saya ditanya customer kok belum sampai ordernya, saya bilang baru proses pengiriman karena saya pikir memang mungkin pengiriman JNE sedang padat. Lalu, saya tracking di web JNE dengan nomor resinya, ternyata barang sudah diterima.

Akhirnya saya langsung konfirm ke customer bahwa JNE menginfokan barang sudah diterima dengan rincian waktunya dan nama penerimanya. Namun dia bilang bahwa dirumahnya tidak ada orang dengan nama itu. Akhirnya saya konfirm ke pihak JNE pusat dan JNE menginfokan nahwa paket sudah diterima 3 hari setelah pengiriman. Bingung dengan masalah ini, saya sempat berpikir negatif kepada kurir JNE yang mengantar. Saya komplain lagi ke JNE untuk mengecek siapa kurirnya dan ditindak tegas karena barang kiriman hilang. Saya sudah berpikir bahwa pada akhirnya saya terpaksa akan mengganti uang customer Rp.200.000,-.

Namun saat minggu ke-3, customer saya bilang bahwa tas sudah diterima dan justru dia yang minta maaf karena dia salah menuliskan nomor rumah, yang harusnya no. 471 tapi ditulis 417. Dan saat kurir mengantar sesuai alamat (pengiriman pertama), paket tersebut langsung saja diterima oleh penghuni rumah tanpa menyadari bahwa itu bukan miliknya. Atas kejadian ini, kurir JNE justru ikut bertanggung jawab untuk kroscek dan mengambil kembali paket tersebut dan mengantar ke alamat yang sesuai setelah saya konfirmasi ulang tentang alamat customer. Beruntung bahwa paket tersebut belum dibuka plastiknya oleh penerima pertama sehingga  masih terlihat baru dan bersih.

Saya sangat menyesal saat itu karena sudah berpikir negatif tentang kurir JNE. Tentunya hal ini saya jadikan pembelajaran untuk bisnis saya selanjutnya.

 

Pengalaman Kedua :

Sudah 1 bulan, paket saya ke customer belum juga sampai. Jangan-jangan barang dihilangkan JNE..!!!

 

Saya memahami bahwa JNE selalu melakukan pengiriman yang banyak setiap harinya. Mungkin risiko barang hilang juga ada, mengingat bahwa seluruh staf JNE juga manusia, yang padat pekerjaan setiap menitnya. Sesuai dengan pengalaman saya sekitar 2 tahun lalu, masih dalam hal pengiriman paket order ke customer saya. Customer membeli baju dari saya dan ordernya sudah saya kirimkan melalui JNE. Minggu ke 2 setelah barang dikirim, dia tanya mengapa barang belum diterima. Setelah saya kroscek ke JNE, diinfokan bahwa barang sedang dalam proses pengiriman. Lalu saya konfirm ke customer, dia bilang no problem, akan tetap sabar menunggu.

Setelah 1 bulan dia tanya lagi tentang paket ordernya. Saya saat itu mulai deg-degan karena waktu sudah tidak bisa ditolerir lagi untuk paket order yang belum diterima hingga 1 bulan. Saya langsung berpikir negatif bahwa JNE pasti menghilangkan paket kiriman saya sehingga akhirnya saya komplain lagi ke JNE. Setelah dikroscek, barang tersebut ternyata sudah berkali-kali dikirim ke apartemen customer saya, namun sering kosong (tidak ada orang) saat paket order diantar. Otomatis kurir JNE membawa pulang kembali ke kantor cabang untuk menyimpannya agar tidak hilang. Berkali-kali pula pihak JNE menelpon nomor HP penerima yang tertera di alamat pengiriman namun tidak pernah diangkat dan sering tidak aktif.

Setelah saya menceritakan ini kepada customer saya, dia membenarkan bahwa apartemennya sering kosong dan dia pun enggan menerima telepon dari nomor telepon asing. Akhirnya, customer meminta maaf kepada saya dan dia mengambil paket ordernya langsung ke kantor cabang JNE terdekat.

Huh, lagi-lagi saya berpikir negatif kepada JNE. Saya kembali merasa bersalah dengan JNE atas kejadian ini. Setelah banyak pengalaman yang saya alami ini, ada banyak hikmah yang dapat saya petik sebagai pembelajaran saya dalam berbisnis dan saya pun mulai belajar untuk mengatasi masalah bisnis saya dengan lebih bijak.

PELAYANAN JNE YANG “ISTIMEWA”

Menurut saya, JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia karena memiliki akses yang sangat luas sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk cek paket kirimannya. JNE sangat memanfaatkan sosial media untuk menampung keluhan pelanggannya dalam hal pengiriman barang. Web jne.co.id juga sangat memanjakan pengaksesnya, dimana disana disediakan banyak informasi tentang lengkap tentang JNE, tracking pengiriman, cek ongkos kirim dll. Di web ini, Anda juga bisa memberikan saran, kritik, keluhan, klaim ganti rugi, pengaduan, pertanyaan dsb dengan mudah dan akan direspon cukup cepat oleh pihak JNE.

Berikut tampilan web JNE :
[caption id="attachment_376023" align="aligncenter" width="420" caption="Screenshoot web jne.co.id"]

14162168781489257757
14162168781489257757
[/caption]

Lalu, bagaimana kita akan menyampaikan keluhan ke JNE? Dari pengalaman saya dan beberapa informasi yang saya dapatkan, beberapa akses yang dapat membantu kita dalam menyampaikan keluhan adalah :

    • Melalui EMAIL customercare@jne.co.id
    • Melalui form TRACE & TRACKING di web jne.co.id
    • Melalui TWITTER @JNE_ID
    • Melalui FACEBOOK (Facebook Page JNE: JNEPusat)

 

CIRI JASA PENGIRIMAN YANG “TERPERCAYA” (BAIK)

Dalam lalu lintas jasa pengiriman barang (ekspedisi), pelayanan yang memuaskan merupakan prioritas utama yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga kedepannya masyarakat tidak akan ragu lagi untuk memanfaatkan ekspedisi tersebut. Apakah JNE termasuk jasa pengiriman yang terpercaya? Berikut adalah beberapa ciri jasa pengiriman yang terpercaya (diambil dari berbagai sumber) :

1. CEPAT dalam Pengiriman Barang

JNE konsisten melakukan pengiriman barang dengan kecepatan yang telah teruji dan tepat waktu (kecuali saat kondisi tertentu yang dapat ditoleransi, seperti : bencana alam yang menganggu transportasi JNE, menjelang hari raya yang menyebabkan pengiriman over dsb).

--> Ya, ini membuktikan bahwa JNE adalah jasa pengiriman yang TERPERCAYA.

 

2. SISTEM MONITORING yang Mudah dan Praktis

JNE memiliki sistem monitoring yang sangat baik melalui situs jne.co.id. Dikelola oleh tim manajemen JNE yang profesional sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan pengecekan paket kiriman, cek ongkos kirim, cari info tentang produk layanan JNE, memberikan testimoni dsb.

--> Ya, ini membuktikan bahwa JNE adalah jasa pengiriman yang TERPERCAYA.

 

3. JAMINAN KEAMANAN BARANG, baik dari Rusak ataupun Hilang.

Paket yang dikirim JNE selalu dalam keadaan aman dan jarang ada lecet di pembungkusnya, apalagi rusak di bagian dalamnya. Bahkan untuk semakin meyakinkan Anda dalam hal keamanan pengiriman, JNE menawarkan asuransi dengan biaya murah, yaitu : 0,2 % x nilai barang + Rp. 5.000 (biaya administrasi).

--> Ya, ini membuktikan bahwa JNE adalah jasa pengiriman yang TERPERCAYA.

4. SPESIALISASI LAYANAN sesuai Kebutuhan Masyarakat.

Sejak awal berdiri, JNE memanjakan masyarakat dengan banyaknya pilihan pengiriman sesuai dengan jalur transportasi, jenis barang yang dikirim serta biaya pengiriman. Layanan ini diantaranya adalah : DIPLOMAT (pengiriman barang dengan pengawasan ketat dari petugas hingga barang diserahkan), SUPER SPEED/SS (barang diterima max 24 jam dengan transportasi udara/darat), YES (Yakin Esok Sampai) dimana JNE akan ganti rugi jika keesokan harinya barang tidak diterima pelanggan, REG dimana pengiriman sekitar 2 hari dan OKE dengan ongkos kirim yang paling ekonomis. Selain itu, JNE juga melayani pengiriman motor ke seluruh pelosok Indonesia, melayani pengiriman barang ke luar negeri yang bekerja sama dengan UPS atau melayani jasa pengiriman uang ke luar negeri dalam jaringan Western Union. Dan masih banyak lagi layanan spesial lainnya.

--> Ya, ini membuktikan bahwa JNE adalah jasa pengiriman yang TERPERCAYA.

 

5. PELAYANAN Staf yang Ramah dan Cepat Tanggap

JNE selalu melayani pelanggannya dengan cepat dan ramah. Informasi yang didapatkan juga akurat. Selain itu, para customer servisnya juga selalu ramah melayani, baik saat akan mengirim barang, cek kiriman, menerima keluhan pelanggan, memberikan informasi lengkap tentang produk JNE dsb, begitu pula dengan kurirnya. Saya pribadi telah membuktikannya karena bisnis saya selalu terkait dengan JNE sehingga sudah merasakan keunggulan JNE jika dibandingkan jasa ekspedisi yang lainnya.

--> Ya, ini membuktikan bahwa JNE adalah jasa pengiriman yang TERPERCAYA.

 

Satu lagi hadiah istimewa JNE untuk seluruh pelanggannya. JNE kini telah meluncurkan kartu JLC (JNE Loyalty Card) sebagai bentuk reward kepada pelanggan yang mempercayakan kepada JNE untuk layanan pengiriman barang dan paket mereka. Kartu ini akan memberikan reward satu poin untuk setiap transaksi senilai Rp 25 ribu di JNE oleh pelanggan pemegang kartu. Poin tersebut bisa ditukar dengan hadiah hadiah menarik. Kartu JLC juga bisa dipakai sebagai kartu diskon di merchant yang bekerja sama dengan Sodexo. Tidak dikenai biaya pendaftaran dan bebas biaya bulanan. Bagaimana pendapat Anda? Wow, JNE benar-benar memanjakan pelanggannya ya.

MAU DENGAR JUGA “KATA MEREKA”??

Siapa sih yang tidak ketagihan dengan pelayanan JNE? Kemarin kita dimudahkan dalam pengiriman barang dan sekarang ada reward bagi para pelanggannya. Inilah alasan mengapa saya hingga detik ini masih senang bekerjasama dengan JNE saat berbisnis. Prioritas saya adalah keamanan barang dan sampai di alamat tepat waktu sehingga dalam hal ini, JNE sangat mendukung saya untuk bertanggungjawab penuh kepada customer onlineshop.

Itu tadi sih pengalaman saya. Karena penasaran dengan pengalaman orang lain, saya pun browsing di internet dan inilah beberapa testimoni masyarakat tentang JNE :

    • “Trimakasih JNE. jam untuk customer saya sampai lebih cepat dari yang telah ditentukan. Sukses selalu, Tuhan memberkat :)..”
    • “Terima kasih JNE, barang yang saya kirim ke kalimantan telah sampai d tempat tujuan sebelum hari yang di perkirakan.JNE siip bgt”
    • “jne yes T O P B G T..sy kirim barang ke lampung tp sampeny duluan jne. saya nya ci msh bmacet2 ria dmerak. jne yes mantafff bnr2 Yakin Esok Sampai..”
    • “Pelayanan JNE memang Mantap Dan Memuaskan, Barang dikirim walaupun tempat saya di pelosok desa,”
    • “JNE TOP Habis Dach..Pelayanannya Puas Bgt..Kirim Paling Cepet Sampai..Walau Hujan Hujanan Dianterin dan dipaking rapih bgt..Kalo bisa lebih dijaga lagi kwalitas SDMnya biar tambah maju lg..The Best For JNE”
    • “JNE oke banget deh, waktu itu supplierku salah alamat tpi JNE bisa kirim ke r4umahku,thanks JNE”
    • “petugasnya ramah penuh kekluargaan..kiriman sesuai ketentuan tak molor cepat aman dan bersahabat”
    • “JNE memang TOP, saya sudah beberapa kali mengirim barang via JNE, BALI-JKT, BALI-BEKASI, BALI-RIAU, BALI-BALIKPAPAN, paket sampai dgn cepat 2-3 hari.....”
    • “Terima kasih JNE,.. Paket kiriman dari Bandung ke Pontianak saya terima dalam keadaan memuaskan hanya dalam waktu 3 hari setelah pengiriman. Tingkatkan terus pelayanannya ..”
    • “Thank you jne .. mempermudah aku buat beli barang online shop :D harganya ekonomis pelayanan nya memuaskan :D..”
    • “Alhamdulillah, paket souvenir mug nyampe ke temanku di Balikpapan dengan aman dan ga rusak, ON TIME lagi, saya senang, teman pun tenang...JNE sukses terus ya”
    • “Trims Buat JNE barang saya nyampe dgn cepat dan selalu tepat waktu, sungguh pelayanan yang prima dan memuaskan. Trims JNE”
    • “Alhamdulillah Pakai JNE kiriman paketku aman dan tepat waktu. Terima Kasih JNE.”
    • “Terimakasih jne..sudah lama saya pakai jasa jne.sudah lama saya pakai jne br kali ini saya lupa mencantumkan alamat dgn lengkap.begitu saya tlp customer service center jam 5sore untuk pengaduan dan pd jam 7 mlm barangnya sdh smp. pelayanan sangat memuaskan, aman n harga murah..terimakasih..ksh jd lega...”
    • “Pelayanan JNE tidak pernah mengecewakan, Sukses selalu JNE...”
    • “Trima kasih JNE udah dri tahun 2012 sampe skarang barangku tetap tiba tepat waktu. Nanti barangku ada yang mau datang juga..”
    • “JNE mantap niee :D Ane kan sering jual beli nih, kirim2 pake JNE bener2 trusted, barang sampai tepat pada waktunya. juga kondisi barang nggak rusak sedikitpun. Thanks JNE ..”
    • “Thanks buat jne, khusus cabang jatisrono cukup 4 hari barangku udah nyampe dan barangnya masih dlm keadaan tdk rusak.tdk kapok deh pake jne..”
    • “Baru dikirim selasa malam dari balikpapan, eh besok sorenya udah nyampe sangata. terima Kasih JNE...”
    • “penghargaan setinggi-tingginya kepada JNE, khususnya petugas JNE Magelang. Dua hari yang lalu mengantarkan sendiri paket untuk saya ke alamat rumah saya di wilayah Kabupaten Temanggung. Terima kasih JNE...”
    • “seneng ada JNE yg selalu siap sedia mengantarkan paket saya kemanapun bahkan ke luar negri sekalipun dengan on time,mudah"an utk kedepannya lebih maju dan lebih banyak counternya..amin.”
    • “awalnya gak yakin nyampe karena kirimnya malam trus jarak jauh, tapi memang bener sehari sudah tiba ditujuan..”
    • “Sejauh ini, JNE merupakan ekspedisi yang paling dapat dipercaya. Sudah puluhan, barang saya yang terkirim dengan selamat.”
    • “hari minggu kiriman ku di antar, aku pikir akan di antar senin...mantaaapppp JNE..”

[caption id="attachment_376030" align="aligncenter" width="520" caption="sumber : mobilkomersial.com"]

1416217765525230710
1416217765525230710
[/caption]

 

Demikianlah pengalaman saya tentang jasa pengiriman JNE. Banyak kisah yang tentunya menjadi pengalaman berharga bagi hidup saya, bisnis saya dan kepercayaan saya terhadap JNE. Salam jempol untuk JNE yang telah mempermudah saya dalam melakukan aktivitas bisnis yang telah mendatangkan rezeki ini.  Untuk JNE, selamat ulang tahun yang ke-24, semoga selalu dapat mengembangkan inovasi baru, selalu udpate dalam hal produk yang ditawarkan serta selalu mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat. JNE SUKSES SELALU..!!!

 

Semoga Bermanfaat,

Riana Dewie

 

 

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun