Mohon tunggu...
Ria Mi
Ria Mi Mohon Tunggu... Guru - Menulis memotivasi diri

Guru

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Belajar Beberapa Hal Lewat Media Sosial dengan Sejoli Tjiptadinata Effendi dan Roselina Effendi

10 Januari 2021   06:14 Diperbarui: 10 Januari 2021   07:11 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. Tjiptadinata Effendi

Belajar Beberapa Hal lewat Media Sosial dengan Sejoli Tjiptadinata Effendi dan Roselina Effendi

Oleh: Riami

Jujur saya belum pernah japri dengan beliau berdua. Tetapi saya merasakan pak Tjip dan ibu Roselina adalah sepasang guru buat saya, baik lewat artikelnya atau pun lewat komunikasi di kompasiana.com juga lewat group WA KPB (Kompasiana Penulis Berbalas).

Tetapi saya belajar dari tulisan beliau juga cara beliau berkomunikasi dengan sesama penulis di Kompasiana.com. Pak Tjip dengan 5 ribu artikel lebih yang pernah ditulisnya tetap rendah hati dan ramah dalam berkomunikasi dengan sesama teman di Kompasiana.com

Di awali dengan suatu pagi ketika saya mengirim sebuah puisi. Bunda Roselina menyapa di kolom komentar, "Wah puisi yang bagus dan menyentuh hati, trimaksih telah mengirim puisi yang indah, salam hangat. Mendapat sapaan seperti itu pagi itu rasanya saya punya saudara di Kompasiana. Begitulah ternyata menulis tidak cukup menuangkan ide. Saya sadar bahwa berkomunikasi di dunia dengan baik, santun dan menyenangkan sangat dibutuhkan.

Tulisan pak Tjip yang mengena di batin saya adalah "Kecantikan dan Ketampanan Tidak pernah setia." Di sini saya belajar untuk mencintai sesuatu tidak dari sisi baiknya saja terutama dari fisik. Sebab segala yang berupa fisik itu akan hancur yang tersisa hanya ketulusan batin.

Meski tidak pernah bertemu muka dan belum pernah komunikasi secara pribadi dengan beliau lewat tulisannya pak Tjip saya belajar hidup selalu bersyukur dan tanpa dendam. Memang hal tersebut butuh perjuangan untuk melupakan hal-hal yang menyakitkan hati, baik terhadap kawan maupun lawan.

  • Lelaki yang sudah menyandang banyak predikat antara lain:

    Sudah meraih Kompasianer of the Year 2014

    Sudah mencapai level Maestro'

    Sudah menduduki rangkin nomor 1 diantara ribuan orang Kompasianer

    Sudah pernah merasakan buku bukunya masuk National Best Seller

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
    Lihat Humaniora Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun