Mohon tunggu...
Riama Arima Gabe Purba
Riama Arima Gabe Purba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Inggris

Belajar, dan belajar. Bermain secukupnya, belajar sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bagaimana Memulai Hobi Membaca Buku?

29 September 2021   23:10 Diperbarui: 29 September 2021   23:14 125 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pentingnya membaca buku sejak dini adalah hal yang sangat penting. Begitu banyak manfaatnya yang bisa kita terima apabila kita sejak kecil sudah terbiasa membaca buku. Namun apakah kalau baru saja hendak dimulai ketika berusia dewasa, apakah itu berarti adalah sebuah keterlambatan?

Meskipun lebih cepat lebih baik, tetapi tidak ada yang namanya keterlambatan jika itu terkait tentang menimba ilmu. Kita bisa memulainya dari sekarang. Ya, sekarang. Itu berarti kita tidak membuang-buang waktu. Untuk kalian yang hendak memulai hobi membaca buku, berikut adalah 5 tips penulis sarankan untuk bisa kalian lakukan:

1. Memiliki rasa ingin tahu

Meningkatkan rasa keingintahuan adalah hal utama untuk memulai membaca buku. Memang, internet menyediakan banyak informasi yang bisa kita dapatkan hanya dengan melakukan pencarian di peramban. Namun seiring berjalannya waktu, kalian akan menemukan satu topik yang akan menarik dan membawa kalian dimana kalian harus membaca sebuah buku tentang topik tersebut. Buku memanglah sumber utama informasi yang paling terpercaya.

2. Membulatkan tekad dengan motivasi

Seperti sebuah hal klise yang semua orang tahu kalau membaca buku harus membulatkan tekad. Temukan motivasi kalian untuk membaca buku. Entah itu sekadar kalimat motivasi dari sesorang, ataupun kalian menemukan role model yang bisa kalian contoh. 

Satu hal yang membuat saya senang membaca buku adalah sebuah kalimat yang orang banyak sebut, yaitu "Orang sukses karena sering baca buku." Motivasi utama saya adalah menjadi orang sukses, sehingga saya harus bertekun membaca buku, dan lama-kelamaan saya mencintainya.

3. Memilih buku sesuai keinginan

Jika kalian baru saja memulai membaca buku, kalian bisa datang ke perpustakaann. Mulailah mencari buku-buku yang bertema ringan. Di sana kalian bisa membaca dan meminjam berbagai jenis buku. Kalian bisa menemukan mulai dari buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen; juga buku non fiksi seperti buku biografi, ensiklopedia, atau buku-buku tentang kisah nyata. Kalian bebas memilih buku sesuai ketertarikan kalian

4. Mengikuti akun yang membahas tentang buku di sosial media

Percaya atau tidak, menurut saya ketika saya mengikuti akun yang membahas tentang buku, sangat membuat saya tertarik untuk membaca buku lebih banyak. Di sela-sela waktu luang saya, saya sempatkan untuk membuka sosial media dan melirik postingan tentang buku yang lewat di timeline. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan