Mohon tunggu...
Ria amelia
Ria amelia Mohon Tunggu... Konsultan - Jangan Lupa Bahagia:)

Jangan Lupa Bahagia:)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

10 Tips Persiapan Wawancara Beasiswa Unggulan 2022

13 April 2022   12:02 Diperbarui: 13 April 2022   13:34 192 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: suneducationgroup

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, setelah kurang lebih selama 3 minggu menunggu pengumuman seleksi berkas tahap berikutnya adalah tes wawancara. Nah berikut adalah tips-tips penting yang wajib kamu ikuti agar wawancaramu berjalan sukses.

1. Tips pertama: berlatihlah mencari soal-soal wawancara yang sering muncul. Biasanya pertanyaan yang ditanyakan cenderung pertanyaan template dan contoh-contoh pertanyaan ini banyak di internet, youtube dan lain-lain.

2. Berlatih sebanyak mungkin 

Setelah mendapatkan template pertanyaan, maka berlatih lah sesering mungkin agar nanti lancar ketika menjawab, belajarlah untuk menjawab senatural mungkin dengan tata bahasa yang santun, jadi jangan terkesan kita terlalu menghapal jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah kita search sebelumnya.

3. Berlatih dengan teman atau mentor 

Setelah kita mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering muncul, maka mintalah tolong pada teman atau mentor kita untuk menyimak jawaban kita dan memberikan masukan pada kita apakah jawaban yang kita utarakan ada kekurangan atau tidak.

4. Jujur dalam menjawab

Pertanyaan yang biasanya muncul adalah pertanyaan yang semua nya berkaitan dengan perjalanan yang telah kita jalani, seperti organisasi, kejuaraan, penelitian dll, jadi kita pasti paham dengan apa yang kita utarakan. Oleh karena itu jujurlah dalam menjawab setiap pertanyaan. Karena jika kita berbohong dalam menjawab hal ini akan membuat kita blunder sendiri dan pewawancaranya akan tahu kalau kita sedang berbohong. Karena pewawancara ini selain akademisi ada juga yang datang dari kalangan psikolog.

5. Utamakan attitude dimanapun kita berada

Attitude sangat penting dimanapun kita berada untuk saling respek dengan orang lain. Begitupun dalam hal wawancara online ini, bicaralah yang sopan namun tidak kaku, sapa dan ucapkanlah salam ketika kita pertama bertemu pewawancara, jangan ngotot dengan jawaban kita yang aartinya kita harus mempertahankan nada bicara kita dengan tekad meyakinkan pewawancara bahwa kita adalah kandidat yang potensial sebagai awardee beasiswa, duduk lah dengan sikap tegak namun jangan tegang agar tidak gerogi sendiri, dan jangan lupa ucapkan salam dan berikan closing statement di akhir wawancara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan