Mohon tunggu...
Rhiken Dasa A
Rhiken Dasa A Mohon Tunggu... ᵃ ᶜᵒˡˡᵃᵍᵊ ˢᵗᵘᵈᵊⁿᵗ 🌎

You Only Live Once.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Cara Mengatasi Stres Ketika Belajar Online

7 Mei 2020   01:40 Diperbarui: 9 Mei 2020   10:02 918 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatasi Stres Ketika Belajar Online
pinterest.com/euphirae_

Belakangan ini dunia dikejutkan dengan munculnya sebuah virus yang mewabah di seluruh dunia. Virus yang dikenal dengan nama coronavirus ini telah menyerang lebih dari 300 juta jiwa dan ratusan ribu di antaranya meninggal dunia. Karenanya, kita semua diharuskan untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing sebagai bentuk pemutusan mata rantai penyebaran corona ini.

Secara otomatis himbauan dari pemerintah mengenai penerapan social distancing dan self isolation memaksa kita agar melakukan segala aktivitas dari rumah. 

Begitu pula dengan kegiatan belajar. Sekolah dan perkuliahan yang seharusnya diisi dengan kegiatan belajar mengajar, kini berubah menjadi kegiatan pemberian dan pengumpulan tugas, pembelajaran yang kian hari kian inefisien, serta ketidakpahaman akan materi yang kian meningkat.

Tugas yang kian hari makin menumpuk ini tidak sedikit yang membuat siswa pusing dan merasa tertekan. Di antaranya mungkin karena ketidakcakapan siswa dalam me-manage waktu yang ia punya.

Berikut adalah tips-tips cara belajar online anti pusing.

1. Atur tempat belajar

Pastikan kalian mempunyai tempat untuk belajar tersendiri. Selain demi kenyamanan, menempatkan kegiatan belajar pada tempat tersendiri bisa membuat kalian lebih fokus dalam belajar dan mengerjakan tugas. 

Gunakanlah sebuah meja pada sudut kamar dan mengatur tempat belajar se-cozy mungkin. Kalian juga bisa menambahkan hiasan dinding seperti tulisan pengingat tugas ataupun quotes favorit kalian sebagai penyemangat.

studyrella-photo-5eb358b4d541df57084bdf75.jpg
studyrella-photo-5eb358b4d541df57084bdf75.jpg

2. Menjadwalkan kegiatan secara terstruktur

Salah satu penyebab menumpuknya tugas ialah kebiasaan menunda-nunda. Semakin sering kalian menunda-nunda sesuatu, maka akan semakin menumpuk kerjaan yang harus dilakukan dan semakin berat pula yang kita rasakan. 

Ketika kalian melakukan sesuatu tanpa harus menundanya, mengerjakannya tepat waktu, maka kalian akan mudah untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang datang berikutnya.

Salah satu solusi agar semua tugas selesai tepat waktu dan terasa ringan adalah dengan menstruktur dengan rapi apa saja kewajiban-kewajiban yang dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x