Mohon tunggu...
Rhea Hal
Rhea Hal Mohon Tunggu... Mahasiswa

A full time communication science student.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 3M di Pasar Bukit Bambe

9 Januari 2021   21:35 Diperbarui: 9 Januari 2021   21:52 183 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 3M di Pasar Bukit Bambe
Penyerahan alat penunjang 3M kepada pasar Bukit Bambe

GRESIK - Era new normal dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya para pedagang untuk memutar kembali roda ekonomi yang sempat terhenti pada awal tahun 2020. Pasar Bukit Bambe adalah salah satu tempat para pedagang di kawasan Bambe untuk berdagang. Pasar Bukit Bambe ini juga sempat diberhentikan selama beberapa bulan karena pandemi yang sedang melanda seluruh Indonesia. Namun pasar ini mulai aktif kembali pada Agustus 2020 yang memasuki era new normal.

Pasar Bukit Bambe ini digelar dua kali dalam seminggu, yaitu pada Rabu pagi dan Jum'at malam. Penjual di pasar ini adalah warga dari luar perumahan maupun warga yang ada di perumahan. Di era new normal ini, para pedagang dan pembeli beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan 3M. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan.

Untuk mewujudkan 3M dengan baik di pasar Bukit Bambe, salah satu mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu Rhea Adinda Twanty Haloho melakukan kegiatan pengabdian atau yang biasa disebut kuliah kerja nyata (KKN) di pasar Bukit Bambe ini. Proses kegiatan KKN ini dipantau oleh ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom selaku dosen pembimbing lapangan (DPL). Dengan menggandeng ketua RW 06 desa Bambe yaitu bapak Prayitno, Rhea melaksanakan kegiatan KKN yaitu sosialisasi penerapan protokol kesehatan di pasar Bukit Bambe. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada Rabu, 16 Desember 2020.

Selain sosialisasi protokol 3M kepada para pedagang dan warga yang berkunjung ke pasar Bukit Bambe, mahasiswa prodi ilmu komunikasi ini juga menyumbangkan beberapa penunjang protokol kesehatan. "Disini saya melihat kurangnya fasilitas untuk mencuci tangan. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk menyumbangkan tempat cuci tangan untuk pasar Bukit Bambe ini", ujarnya saat sosialisasi.

Rhea menyumbangkan lima tempat cuci tangan, sabun cuci tangan, masker non-medis, dan juga kaos untuk pengurus pasar Bukit Bambe. Rhea mempunyai harapan bahwa nantinya sumbangan ini bermanfaat dan juga sosialisasi penerapan 3M ini dapat dilanjutkan oleh para pengurus pasar, sehingga mewujudkan 3M di pasar Bukit Bambe.

VIDEO PILIHAN