Mohon tunggu...
Rg Bagus Warsono
Rg Bagus Warsono Mohon Tunggu... Pustakawan - Lumbung Puisi sastrawan Indonesia, Pusat Dokumentasi Sastra Modern

Kurator Sastra di Lumbung Puisi.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Hebatnya Surya Paloh di Pasar 2024

3 Oktober 2022   21:38 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:46 190 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Surya Paloh memiliki nalar sendiri sebagai tokoh politik nasional melihat Calon Presiden 2024. Ketua Umum partai Nasdem itu bisa menjadikan partainya memiliki nilai tersendiri. Dengan 10,26 prosen dari ketentuan 20 prosen presiden tuan threshold Nasdem bermain cantik. Tidak hanya itu, ia berusaha berada di hati masyarakat dengan berusaha menyelamatkan calon pemimpin bangsa yang ada di hati rakyat saat ini. Ini berarti Surya Paloh sekaligus mempromosikan partainya di masa depan.

Kita tahu bahwa keinginan rakyat memilih   calon presideb tak semua diakomodir oleh partai politik. Bahkan diantaranya terdapat calon presiden yang bukan kader partai apa pun.

Surya Paloh yang jeli menatap dinamika politik Indonesia ini tlah menjawab dengan ditetapkannya 3 bakal calon presiden pada 17 Juni 2022 hasil konvensi partai tersebut.

Tentu saja nama-nama yang telah ditetapkan membuat kaget para ketua partai. Pasalnya Surya Paloh tidak mengusung orang partai Nasdem sendiri, justru malah memilih tokoh dari kader PDI yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan dua diantaranya tokoh bukan  Kader Partai Anis Baswedan dan Jendral Andika Perkasa.

Terutama penetapan Nasdem pada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang berasal dari kader PDI itu membuat kaget para pemimpin partai PDI yang tidak mengusung Ganjar. Meski ganjar sendiri mengatakan menerima apa pun keputusan ketum Megawati, tetapi tetap saja membuat kekecewaan PDI terhadap Nasdem terutama Surya Paloh.

Buntut itu semua kemudia terjadi peristiwa yang dimulai Surya Paloh menghadap Jokowi yang memberikan isyarat tertentu. Kemudian diperintahkannya Puan Maharani oleh Megawati untuk berkunjung Menemui Surya Paloh.

Dari peristiwa itu, Surya Paloh telah memainkan peranannya sebagai play maker yang mumpuni.

Sebelum penetapan tiga bacapres itu, Surya Paloh juga kedatangan SBYvm yang disusul kemudian AHY dengan maksud yang sama. Namun keputusan Itu telah resmi dan keputusan itu memiliki kunci prediksi siapa Capres 2024 nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan