Mohon tunggu...
Rica Filasari
Rica Filasari Mohon Tunggu... State University of Malang, Department of History

Hidup adalah seni

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mahasiswa KKN UM Identifikasi Potensi Wisata Sumber di Desa Langlang

28 Maret 2020   09:13 Diperbarui: 28 Maret 2020   09:18 44 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Identifikasi Potensi Wisata Sumber di Desa Langlang
Foto Observasi di Sumber Dongbang | Dokpri

Sabtu (28/12/2019) mahasiswa KKN UM Sinambung melakukan identifikasi potensi wisata sumber di Desa Langlang. Ada beberapa potensi sumber yang bisa dijadikan wisata menarik. Bertepatan dengan Desa Langlang yang masuk kawasan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) menjadikan desa ini harus memiliki potensi wisata dan produk unggulan.

Salah satu sumber yang akan dikembangkan Desa Langlang adalah Sumber Umbulan. Sumber ini menjadi program kerja utama KKN UM Sinambung. Air jernih yang langsung dari sumber pegunungan dan pesona alam khas perdesaan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang masuk kawasan Sumber Umbulan.

Foto Pemandian Sumber Umbulan | Dokpri
Foto Pemandian Sumber Umbulan | Dokpri

Untuk masuk pemandian Sumber Umbulan saat ini masih gratis. Dalam pemandiaan ini sudah sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap mulai dari warung, mushola, ruang ganti, dan lain sebagianya.

Tepat di sebelah utara Desa Langlang juga ada potensi sumber Pakis Uceng. Sumber yang dikelola oleh warga Langlang menjadi tempat pemandian yang eksotik. Ada pemandian air hangat yang biasanya digunakan warga sekitar untuk mengobati penyakit.

Foto Pemandian Sumber Pakis Uceng | Dokpri
Foto Pemandian Sumber Pakis Uceng | Dokpri

Hanya dengan membayar parkir sekitar Rp. 2000,- bisa masuk dan mandi di pemandian hangat Pakis Uceng sepuasnya. Selain itu, ada pula kolam renang yang dikelola oleh warga di samping pemandian air hangat dengan biaya masuk sekitar Rp. 3000,- sudah bisa menikmati sensasi mandi di kolam renang yang airnya langsung dari sumber.

Selain dari dua potensi sumber wisata di atas, ada pula dua sumber lagi yang belum tersentuh oleh warga untuk dijadikan wisata, yakni Sumber Joan Jero dan Sumber Dongbang. Dua sumber itu masih terisolasi dari publik.

Menurut tutur warga sekitar, air di Sumber Dongbang sekarang sudah hampir habis karena digunakan untuk keperluan warga Desa Langlang. Jika saat musim hujan tiba, maka air di sumber ini cukup besar. Suasana yang asri di sumber ini dan letaknya yang menarik bisa dikelola untuk wisata arum jeram bila memungkinkan.

Berbeda sengan Dongbang, air di Sumber Joan Jero sedikit sulit untuk dijadikan potensi wisata karena letaknya seperti di jurang. Sumber air yang muncul di permukaan cukup kecil, tetapi bila dilakukan penggalian maka air yang keluar bisa besar. Sumber ini bisa menjadi potensi menarik jika dikembangkan lebih lanjut karena kawasan yang dikelilingi persawahan dan pemandangan alam akan memanjakan mata.

Berkaitan dengan Sumber Dongbang dan Joan Jero tidak menutup kemungkinan jika ada dana yang cukup dan kemauan dari warga sekitar, maka dua sumber itu bisa dijadikan wisata yang menarik karena letak dan suasananya yang masih alami

VIDEO PILIHAN