Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Manusia biasa yang tak lepas dari sambat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Mengatasi Trauma

24 Januari 2021   22:00 Diperbarui: 24 Januari 2021   22:03 34 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap individu pasti pernah mengalami trauma di hidupnya. Entah itu yang disebabkan oleh peristiwa yang dialami sewaktu kecil, kejadian di sekolah disaat remaja, atau bahkan dialami saat sudah dewasa. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut cara mengatasi trauma, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dulu pengertian trauma.

Trauma adalah tekanan emosional dan psikologis dikarenakan pengalaman yang tidak menyenangkan yang berkaitan dengan kekerasan. Orang yang memilki trauma cenderung sering mengalami sters, karena tidak bisa mengendalikan perasaan dirinya sendiri. (Kaplan dan Sadock, 1997)

Berikut ini adalah cara yang dapat mengatasi trauma:

- Bersikap terbuka, cobalah untuk mengakui kesalahan, memaafkan diri sendiri, dan menumbuhkan kembali rasa percaya diri.


- Kelilingi diri dengan orang-orang yang membuat anda tenang, merasa cemas memang wajar, tetapi jika terlalu sering maka akan berdampak buruk pada kondisi psikis penderita trauma.


- Meditasi atau menenangkan diri, fokuskan pikiran dan perasaan pada hal yang positif dan menumbuhkan semangat.

- Berusaha menghadapi rasa takut, hiraukan masa lalu dan fokuslah masa kini dan masa depan sehingga hidupmu menjadi lebih baik.

- Alihkan perhatian pada kegiatan lain, tenangkan diri secara perlahan lalu jauhkan diri dari paparan informasi mengenai peristiwa yang berkaitan dengan kejadian yang telah dialami.

- Terapi dengan psikolog dan pskiater, penanganan trauma memang bisa berbeda-beda tergantung kepada tingkat keparahannya.

- Berani dan bersabarlah, menghilangkan trauma butuh waktu yang cukup panjang dan untuk menghadapinya butuh keberanian yang kuat.

Jika anda kerap dihantui trauma, maka cobalah cara-cara di atas sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik kepada diri anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x