Mohon tunggu...
Rezza Alqodrii
Rezza Alqodrii Mohon Tunggu... mahasiswa

lakers 22' NBA champion

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Indah Namun Belum Terjamah

20 Juni 2021   08:50 Diperbarui: 20 Juni 2021   09:53 248 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indah Namun Belum Terjamah
Potret keindahan Banyubiru; Gunung Telomoyo dan Rawa Pening

Potret keindahan Banyubiru; Gunung Telomoyo dan Rawa Pening
Potret keindahan Banyubiru; Gunung Telomoyo dan Rawa Pening

Banyubiru merupakan sebuah desa yang belum cukup dikenal khalayak ramai, tepatnya kecamatan Banyubiru yang terletak di kabupaten Semarang Jawa Tengah yang mempunyai luas 54,51m². Terletak di bawah kaki Gunung Telomoyo dan dekat Rawa Pening, Banyubiru memiliki keindahan alam yang patut diacungi jempol, selain pemangdangan yang indah Banyubiru memiliki hawa yang sejuk yang membuat orang yang tinggal atau datang ke Banyubiru menjadi betah.

Saat di Banyubiru kamu bisa bisa melihat keindahan alam yang sangat indah, mulai dari pepohonan, sawah-sawah, bukit-bukit hingga gunung-gunung yang sangat indah terutama di pagi hari saat masih terselimut kabut, dari Banyubiru kamu bisa melihat Gunung Telomoyo, dan Gunung Merbabu, tidak jauh dari Banyubiru kamu pun bisa melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Merapi. Terbayangkan indahnya Banyubiru ini.

Yang paling terdekat dari Banyubiru adalah Gunung Telomoyo, Gunung Telomoyo adalah gunung yang berada di perbatasan antara kabuapten Semarang dan kabupaten Magelang, gunung setinggi 1.894 m dpl tersebut mampu menarik wisatawan karena akses yang mudah dan pemandangan yang sangat indah dari atas. Untuk bisa naik ke Gunung Telomoyo wisatawan cukup mengendarai sepeda motor saja.

“Telomoyo bagus, jalannya juga udah enak kesana, tiket masuk nya murah, enak kesana kalau pagi sih dan kalau ga mendung biar ga ketutup kabut, say amah enak dari rumah deket motoran juga gak capek” ungkap Iqbal salah seorang pengunjung Gunung Telomoyo.

Untuk akses ke atas Gunung Telomoyo sudah cukup dibilang enak, jalananya yang bagus akan membuat wisatawan aman mengendarai motor ke atas sana, keindahan di sepanjang perjalanan juga tidak kalah indah dengan keindahan ketika kamu sampai diatas ataupun puncak gunug telomoyo. Apabila kamu mendaki diwaktu yang tepat, yaitu ketika tidak mendung maka keindahan Gunung Telomoyo bisa kamu nikmati sepenuhnya.

Sesampainya di puncak gunung wisatawan tidak perlu khawatir ataupun repot akan perut yang lapar, Karena banyak warung yang menjual makanan seperti mie instan, gorengan, kopi dan lain lain, dan tersedia kamar mandi juga. Wisatawan dianjurkan untuk memakai pakaian yang tebal setiaknya jaket karena hawa yang sanagt dingin apalagi saat menuju puncaknya tetatapi ada kopi-kopi juga mie instan yang dijual yang akan membautmu kembali merasa hangat.

Untuk harga makanan di sana tergolong tetap murah, dan disediakan pos untuk kamu beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman, juga pemandangan dari guunug telomoyo sambil mengobrol juga berfoto bersama teman-teman mu. Kalau kamu tidak mau membeli makanan, kamu pun bisa membawa makanan sendiri kok!. Disarankan untuk memilih waktu dipagi hari saat kamu menaiki Gunung Telomoyo, karena kalau mulai siang, hawanya tentu sudah tidak sesejuk ketika pagi hari lagi.

Dan kamu tidak hanya mendapat pemandangan dari atas gunung saja lohh! namun wisatawan bisa mengunjungi air terjun baladewa yang sangat indah yang terletak di puncak Gunung Telomoyo. Menariknya kamu juga bisa menikmati air hangat nya loh,, sudah dingin-dingin selama perjalanan kamu bisa menikmati atau bisa sambil merendam diri di air hangatnya. Tarif yang perlu kamu keluarkan untuk ke Gunung Telomoyo pun sangat terjangkau, hanya dengan Rp.10.000 maka wisatawan sudah bisa naik ke puncak Gunung Telomoyo.

Bagi pencinta gunung atau bagi yang ingin memulai pengalaman naik gunung, rasanya kamu perlu sesekali mendaki di Gunung Telomoyo karena akses nya yang begitu mudah dan keindahannya tidak kalah dengan cantik. Dengan keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Telomoyo maka wajib rasanya jika mengunjungi kabupaten Semarang agar mampir ke tempat tersebut. Semua area perjalanan dari bawah bisa kamu nikmati dan bisa diabadikan dengan foto, tidak sedikit pengunjung yang berfoto atau bahkan membuat video bersama-sama.

Sepulang dari Gunung Telomoyo kamu bisa melimpir ke tempat wisata lainnya, yaitu Rawa Pening, Rawa Pening adalah tempat yang melegenda, banyak cerita maupun film yang mendokmentasikan sejarah dari Rawa Pening. Mempunyai luas 2670 hektare Rawa Pening mencakup empat kecamatan yaitu kecamatan Ambarawa, kecamatan Tuntang, kecamatan Banyubiru dan kecamatan Bawen. Selain menjadi spot umtuk bersantai Rawa Pening juga bisa dijadikan spot untuk memancing ikan, karena ikan yang ada di rawa pun tidak sedikit ditambah hawa yang sejuk menjadikan Rawa Pening menjadi spot favorit untuk memancing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN