Tekno

Amankan Data Penting Anda Sekarang!

13 April 2018   22:03 Diperbarui: 13 April 2018   22:33 522 1 0

Seiring berjalannya waktu, manusia membutuhkan ruang lebih di dunia teknologi, salah satunya adalah kebutuhan akan penyimpanan data. Saat ini untuk menyimpan data terbilang cukuplah mudah karena sekarang internet sudah masuk hingga pelosok dan penjuru negeri.

Terlebih lagi saat ini media penyimpanan sudah sangat murah, mulai dari penyimpanan konvensional yaitu flashdisk, hardisk, VCD, DVD  kemudian layanan cloud storage ( penyimpanan di internet ) yang sangat mudah di akses dari seluruh perangkat asalkan terkoneksi dengan internet.

Namun apakah kalian pernah mengalami media penyimpanan kalian hilang seperti flashdisk terjatuh, Hardisk rusak dan sebagainya? penulis pernah nih dulu saat masih SMP ingin memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya tapi ternyata flashdisk yang penulis gunakan sudah rusak padahal semua data penting penulis ada di flashdisk itu.

Sekarang penulis sadar bahwa ternyata penyimpanan cadangan sangatlah penting untuk mengantisipasi kehilangan data seperti yang saya alami dulu. 

Jika anda pernah mengalaminya maka kalian perlu mengetahui tips agar data kalian aman di kemudian hari, langsung saja kita bahas bersama - sama.

1. Gunakan 2 penyimpanan tambahan untuk menyimpan data digital anda yang sangat penting bisa di usahakan agar media ini offline / murni sebagai media penyimpanan seperti contohnya Flashdisk dan Hardisk external nah media ini cocok digunakan oleh kalian yang jauh dari akses internet atau anda mengalami kendala akses internet seperti akses internet lemot, maka cara ini cukup cocok untuk anda.

Kali ini penulis punya saran untuk media penyimpanan ini, anda bisa menggunakan Flashdisk Sandisk Ultra Dual DriveM3.0yang bisa digunakan di smartphone android dan Komputer karena flashdisk ini memiliki 2 adaptor yaitu USB type A versi 3 (untuk Komputer) dan USB tipe B ( untuk Smartphone) selain itu flashdisk ini memiliki kecepatan transfer data hingga 150 Mbps, mudah digunakan di semua komputer dan Smartphone, sangat kompatibel dengan aplikasi Sandisk Memory Zone App.Untuk selengkapnya anda dapat check di video di bawah ini


2. Gunakan Cloud Storage untuk menyimpan data yang sering anda akses maupun data penting.

 anda dapat menggunakan layanan cloud storage dengan gratis yaitu di Google drive, Drop Box, Mega, Media Fire dan lainnya. keuntungan yang anda dapat dari layanan ini antara lain :

- Mudah diakses Dimana saja kapan saja asalkan anda mempunyai akses internet

- File dapat anda bagikan ke teman anda jika di butuhkan

- Media penyimpanan ini sudah cukup banyak untuk kalangan pelajar SMP - SMA

di lain kelebihan pasti juga ada kekurangan yaitu :

- Data bisa saja hilang saat server sedang perawatan

- Ukuran dari media penyimpanan untuk kalangan mahasiswa dan pekerja saya rasa kurang karena paling banyak ukuran file yang dapat ditampung maximal 50 GB untuk yang free, jadi jika anda merasa masih kurang anda dapat menyewa lagi ruang tambahan seperti di Google Drive yang mampu memberikan layanan Cloud Storage hingga lebih dari 1 TB atau 1000 GB.

- Untuk akun yang free biasanya akan dikenai bandwidth limiter, artinya apa? artinya jika file sudah didownload hingga batas yang ditentukan maka anda harus menuggu 1 hari untuk bisa mendownload file itu lagi.