Mohon tunggu...
Rezka Annisa
Rezka Annisa Mohon Tunggu... TIM I KKN UNDIP (Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang)

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Apa Itu Estetika dari Bento? Kotak Makan Siang ala Jepang yang Penuh Makna!

4 Februari 2021   16:15 Diperbarui: 4 Februari 2021   19:27 221 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Estetika dari Bento? Kotak Makan Siang ala Jepang yang Penuh Makna!
Gambar Bento yang dibuat oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP yaitu Rezka Annisa (Sabtu, 16 Januari 2021)/dokpri

Bento merupakan kotak makan siang khas dari Jepang yang biasanya diisikan dengan nasi, lauk pauk, sayuran, buah dan berbagai makanan lainnya yang biasa dijadikan sebagai makan siang.

Sebagai salah satu budaya di Jepang, bento merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kita untuk dapat memulai hidup sehat terutama pada masa pandemi ini. Bento dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang tersedia di rumah, sehingga lebih terjaga dan terjamin bagi kesehatan tubuh untuk dikonsumsi.

Dikutip dari BBC NEWS Indonesia, faktanya, lebih dari 70% dari lima miliar orang di Jepang merupakan orang dewasa yang mengkonsumsi bento, karena bento menawarkan pilihan yang murah dan lebih sehat bagi banyak pekerja, dibandingkan dengan makanan cepat saji.

Tidak hanya itu, bento merupakan bagian penting bagi siswa sekolahan di Jepang, yang mana hampir setiap harinya mereka selalu membawa bento yang telah dipersiapkan oleh ibu mereka ke sekolah, dan ini menjadi wujud dari kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

Bento juga terkenal akan nilai estetika tersendiri yang dimilikinya, umumnya di Jepang selain terbagi atas banyak varian makanan yang ada didalamnya, bento juga dapat dibentuk kedalam berbagai macam karakter lucu yang biasa disebut 'Chara-Ben'. 

Banyak ibu-ibu yang menjadikan 'Chara-Ben' sebagai alternatif apabila anak mereka suka memilih-milih makanan, tentunya apabila anak mereka telah dewasa ini menjadi sesuatu yang berbeda pula. Dan pada akhirnya, menurut para ibu di Jepang, bento merupakan sebuah wujud cinta dan kasih sayang mereka kepada anaknya disela-sela kesibukan mereka.

Untuk itu, di masa pandemi seperti saat sekarang ini, yang mana mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri beserta keluarga, maka Saya Rezka Annisa yang merupakan salah seorang mahasiswi di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang, memiliki inisiatif untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga beberapa siswa di Pulai Anak Air tentang cara pembuatan bento yang mudah dan sehat di rumah sehingga dapat dibawa oleh anak mereka ke sekolah, dan diharapkan melalui hal ini apa yang dikonsumsi oleh sang anak dapat terorganisir dengan baik sehingga dapat terjaga dan terjamin kesehatan tubuh dari anak tersebut.

Gambar Tampilan Cover dari Video Pembuatan Bento oleh Rezka Annisa (Senin, 25 Januari 2021)/dokpri
Gambar Tampilan Cover dari Video Pembuatan Bento oleh Rezka Annisa (Senin, 25 Januari 2021)/dokpri

Gambar Proses Pembuatan Beento oleh Rezka Annisa di Rumah Sendiri (Sabtu, 16 Januari 2021)/dokpri
Gambar Proses Pembuatan Beento oleh Rezka Annisa di Rumah Sendiri (Sabtu, 16 Januari 2021)/dokpri

Program edukasi ini dikemas kedalam bentuk video pendek yang berisikan penjelasan singkat mengenai "Apa itu bento ala jepang yang sehat" dan juga berisikan tutorial singkat tentang cara menyiapkan bento ala Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x