Mohon tunggu...
Reza Aulia
Reza Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Tertarik dengan topik lingkungan hidup.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Budaya Menabung pada Anak di Desa Ngringo, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Gemar Menabung Sejak Dini

14 Agustus 2022   09:36 Diperbarui: 14 Agustus 2022   19:05 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ngingo (14/8) – Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar merupakan satu dari banyak lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Diponegoro. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Desa Ngringo berpenduduk dengan jumlah 26.065 jiwa yang menjadikan desa ini sebagai desa terpadat di Kecamatan Jaten. Desa Ngringo memiliki potensi sumberdaya manusia yang teinggi, tetapi banyak dari anak-anak di Desa Ngringo yang belum menggerakkan budaya literasi keuangan.

Pengelolaan keuangan secara bijak merupakan salah satu konsep dalam literasi keuangan. Literasi keuangan dapat digerakkan salah satunya dengan cara menabung. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP 2022 melakukan sosialisasi terkait pentingnya literasi yang diwujudkan dalam kegiatan gemar menabung. Memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait pengelolaan keuangan sejak dini merupakan tujuan dari diadakannya edukasi ini, sekaligus mendorong tercapainya SDGs poin pertama ‘Tanpa Kemiskinan’ dan SDGs poin ketiga ‘Kehidupan Sehat dan Sejahtera’.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan diwujudkan dalam bentuk sosialisasi dan diskusi yang berfokus kepada anak sekolah dasar yang bertempat tinggal di Daleman RT VII RW 06 Dusun Banaran, Desa Ngringo pada hari Minggu, 31 Juli 2022. Tidak hanya melakukan pemahaman terkait budaya menabung, sosialisasi ini juga memberikan cara efektif yang dapat dilakukan untuk menabung sejak dini. Antusiasme dan keaktifan peserta menjadi indikator keberhasilan keberhasilah kegiatan ini. Sosialisasi ini diharapkan mampu mendorong anak Indonesia menjadi lebih sadar pentingnya menabung untuk masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan