Mohon tunggu...
Reza Takririyah
Reza Takririyah Mohon Tunggu... Lainnya - writing, reading novel, and blue is my favorite colour

Graduate from Universitas Atma Jaya Yogyakarta Majoring in Communication Studies

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Belajar Penulisan Naskah Digital

17 Desember 2020   11:45 Diperbarui: 17 Desember 2020   11:52 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selama mengikuti mata kuliah Penulisan Naskah Digital kurang lebih 5 bulan, saya mendapat banyak pengetahuan baru dan peningkatan skill dalam menulis, terutama di platform digital seperti blog, kompasiana, dan lain sebagainya. 

Awalnya, saya mengira menulis digital  hanya perlu modal niat dan tema  tulisan yang  aktual dan menarik. Akan tetapi, ternyata anggapan saya salah, dengan mengikuti mata kuliah ini saya menjadi tahu berbagai hal yang harus diperhatikan dalam membuat tulisan digital, baik itu proses sebelum menulis dan ketika membuat tulisan tersebut.

 Dahulu sebelum mengikuti mata kuliah ini, saya beranggapan bahwa struktur penulisan di dunia digital sama halnya seperti menulis artikel ilmiah, yang mana dimulai dari hal-hal yang umum baru kemudian ke inti dan pembahasan tulisan. 

Setelah mengikuti mata kuliah ini, saya jadi tahu ternyata pemikiran saya tersebut salah, tulisan digital yang baik selalu menggunakan konsep piramida terbalik di mana inti tulisan selalu diletakkan di awal untuk memudahkan pembaca men-scanning isi tulisan dengan cepat, sebab karakter pembaca digital ialah mereka yang tidak memiliki banyak waktu. 

Saya cukup enjoy menjalankan mata kuliah ini, karena memang saya menyukai dunia jurnalistik dan sering membuat tulisan untuk artikel promosi dan artikel opini untuk lomba. Mata kuliah ini membuat saya tertantang untuk bisa memberikan yang terbaik, bahkan beberapa kali saya mampu menjadi artikel pilihan di kompasiana dan memiliki views yang lumayan banyak.

 Hal ini membuat saya semakin semangat untuk menulis karena ternyata banyak yang menyukai dan membaca tulisan saya. Tidak hanya belajar mengenai penulisan, di mata kuliah ini saya juga mendapat pengalaman untuk membuat konten visual dan audio yang tentunya dapat meningkatkan skill dan pengetahuan saya mengenai dunia videografi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun