Mohon tunggu...
Reza Kurnia Rahmatullah
Reza Kurnia Rahmatullah Mohon Tunggu... Lainnya - Masih dalam tahap mencoba menulis

Tertarik pada pusaran di sekeliling lapangan sepak bola. Belajar sejarah bukan untuk mencari kambing hitam. twitter: @rkr_47

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tentang Nama-Nama Klub Sepak Bola Belanda

16 Januari 2022   07:26 Diperbarui: 16 Januari 2022   09:02 381 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PSV semula adalah tim para buruh pabrik Phillips (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Bagi saya pribadi nama klub-klub sepakbola di Indonesia itu punya kesan monoton dan seragam, apalagi selepas era unifikasi liga antara Perserikatan dan Galatama

Matinya satu per satu klub anggota Galatama membuat saya yang begitu lahir Galatama sudah bubar kebanyakan disuguhi klub dengan nama Pers- atau PS. Wajar sebab mereka adalah klub-klub yang awalnya angota Perserikatan.

Nama-nama klub liga lokal sempat bervariasi ketika era Galatama yang juga wajar sebab kebanyakan mereka mewakili entitas perusahaan atau klub yang awalnya anggota internal Perserikatan. 

Kita sempat punya Pardedetex Medan yang mewakili parusahaan tekstil raksasa Pardedetex, atau Krama Yudha Tiga Berlian yang tak lain dibiayai pemegang hak distribusi merk Mitsubishi.

Ada pula nama unik yang datang dari klub tua tapi sebelumnya anggota internal Perserikatan saja. Tentu nama Assyabaab di Surabaya dan UMS ’80 di Jakarta menjadi yang awal terpikir di benak saya. 

Assyabaab tak lain transliterasi bahasa Arab yang bermakna ‘Pemuda’, klub ini didirikan oleh komunitas peranakan Arab di Surabaya. Sedangkan UMS bukanlah Universitas Muhammadiyah Surakarta, tapi singkatan dari Union Makes Strength.

Apakah kita mewarisi penamaan-penamaan monoton Pers- dan PS ini dari kolonialis kita?. Nyatanya jika kita menengok sedikit ke para kontestan Liga Belanda, malah mereka punya nama-nama tak monoton. 

Meski ada yang simpel dan standar macam FC Utrecth, ada juga yang agak nyeleneh seperti Go Ahead Eagles. Berikut ini beberapa cara wong londo menamai klub bolanya.

Simpel-simpel saja

Sudah jelas penamaan dengan FC (football club) sangat banyak populasinya di dunia dan menyebar merata. Mirip dengan Pers- dan PS di Indonesia, pengguna imbuhan FC di Liga Belanda yang mashyur tentu FC Utrecth dan FC Groningen. Klub tertua yang masih aktif pun memakai FC, yaitu Koninklijke HFC (Haarlemsche Football Club) yang berdiri sejak 1879.

Selain FC juga ada turunan-turunan lainnya, seperti yang dipakai Sportclub yang dipakai SC Cambuur-Leeuwarden dan Heerenveen. Variasi lain adalah SV (sport vereniging) yang dipakai SV Limburgia (bubar 1998) dan PSV atau Phillips Sport Vereniging yang didirikan kaum pekerja pabrik Phillips.

Budaya Yunani

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan