Mohon tunggu...
Humas Lapas Besi
Humas Lapas Besi Mohon Tunggu... Lainnya - Public Relations at Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan

Rezana Agustyan Aparatur Sipil Negara Hobi Futsal / Sepeda

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pastikan Progam Deradikalisasi Berjalan Baik, Lapas Besi Jalin Sinergitas Bersama BNPT

22 November 2022   11:31 Diperbarui: 22 November 2022   11:32 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. humas lapas besi

CILACAP -- INFO_PAS. Sebagai upaya agar progam deradikalisasi dapat berjalan secara berkesinambungan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Besi Nusakambangan menjalin sinergitas dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Selasa (22/11).

Kegiatan yang bertajuk "Pelaksanaan Deradikalisasi Melalui Progam Conflict Management Training (CMT) dan Pembinaan Psikologi Bagi Narapidana Terorisme" ini diikuti oleh seluruh Warga Binaan Terorisme di Lapas Besi.

Hadir secara langsung Direktur Deradikalisasi BNPT Prof. Dr. Irfan Idris bersama Kepala Sub Direktorat Bina Dalam Lapas Kolonel Czi Roedy Widodo untuk memberikan pembinaan kepada Warga Binaan Teorisme.

Memberikan sambutannya Kepala Lapas Besi, Sulardi menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran serta sinergitas yang terjalin bersama BNPT  dalam progam pembinaan dan deradikalisasi. Lapas Besi selama ini telah memberikan pembinaan kepada WBP berupa pembinaan kepribadian; kesadaran berbangsa dan bernegara; intelektual; sikap dan perilaku; kesehatan jasmani dan rohani serta kesadaran hukum.

"Semua upaya ini dilaksanakan untuk mewujudkan tugas pemasyarakatan dalam reintegrasi sosial bagi WBP. Dalam hal ini memberikan kesempatan kepada Narapidana setelah selesai menjalani masa pidananya untuk menyesuaikan diri mereka dengan lingkungan masyarakat yang penuh dengan nilai dan norma", ungkap Sulardi.

Berkenan membuka kegiatan Direktur Deradikalisasi Irfan Idris mengatakan bahwa BNPT memiliki tugas merumuskan, mengoordinasikan, dan melaksanakan kebijakan, strategi, dan program nasional penanggulangan terorisme di bidang kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

"Pembinaan yang kami laksanakan kepada Narapidana Terorisme merupakan sebuah proses pembelajaran, yang berarti bahwa belajar adalah hal yang tidak mengenal batasan waktu. Dimanapun dan kapanpun kita semua wajib menuntut ilmu yang kelak akan bermanfaat bagi kita semua", imbuh Irfan.

dok. humas lapas besi
dok. humas lapas besi

Kegiatan dilanjutkan dengan materi Conflict Management Training yang dipandu instruktur dari BNPT. Pelatihan CMT menggunakan metode pendidikan orang dewasa (POD) dimana semua peserta adalah narasumber yang akan berbagi pengalaman selama proses pelatihan.

Melalui pelatihan ini diharapkan akan membantu peserta merasa lebih diberdayakan dan kekuatan yang sehat dalam kehidupan. Khususnya untuk membangun kehidupan yang penuh perdamaian di tengah perbedaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun