Mohon tunggu...
Reza el Ichsan
Reza el Ichsan Mohon Tunggu... Petani - Seorang petani yang berusaha mencangkul ilmu didalam perut bumi

Petani muda yang suka nulis hehe

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Cerita Ketika Awal Mula Mulai Belajar dan Menulis Blog

20 September 2019   10:17 Diperbarui: 20 September 2019   11:00 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillahirrohmanirrohiim. Assalamu'alaikum wr wb. Hai sobat Kompasiana, perkenalkan nama saya adalah Muhammad Reza Ichsani. Ini adalah tulisan pertama saya di Kompasiana, pernah nyoba nulis sebelumnya, cuman kenak hapus sama moderatornya hehe. Tapi tidak apa-apa, dengan begitu saya diajarkan bagaimana menulis sesuai dengan apa yang kita tahu, bukan hanya nulis dan copas dari tulisan orang lain.

Pada artikel ini saya ingin memulai tulisan saya di blog kompasiana ini dengan artikel yang bercerita ketika awal mula saya belajar blogger. Jadi dulunya saya bukanlah seorang blogger yang gemar menulis, malah pada awalnya saya lebih suka belajar Bahasa Pemrograman seperti JS, Html, PHP, MySQL dan beberapa bahasa yang lainnya, walaupun nggak pandai-pandai amat sih.

Sebelum mulai belajar nulis blog saya suka bikin website yang saya buat dari beberapa bahasa pemrograman yang saya kuasali, salah satu hasil dari website yang saya buat adalah web toko online dengan alamat web jejualonline.com, namun setelah lama nggak kepakai akhirnya websitenya mati, dan domainnya diambil alih oleh orang lain.

Setelah itu saya mulai membuat website tentang komputer dan teknologi yang bernama garasi komputer dengan alamat website yakni garasikomputer.com. Bukan nulis artikel yang saya lakukan ketika mengelola website tersebut, namun lebih ke utak-atik script yang ada didalam sistem bahasa pemrogramannya.

Namun setelah beberapa bulan kemudian, ketika tiba masa waktunya untuk memperpanjang domainnya saya biarkan sehingga website saya tersebutpun mati dan expired. Sampe sekarang pun udah nggak tau nasib domainnya.

Mulai Serius Ngeblog

sumber: medium.com/@carl_pullein 
sumber: medium.com/@carl_pullein 

Kemudian setelah beberapa tahun berjalan, akhirnya saya sudah lulus dari Kampus, oh iya sebelunya saya pernah ngampus di sebuah kampus sederhana yang didirikan oleh Lembaga Yayasan Yatim Mandiri yang ada di Surabaya.

Setelah lulus dari kampus tersebut saya mulai bekerja selama 2 tahun. Ketika memasuki 6 bulan saya bekerja, saya berinisiatif untuk belajar menulis blog. Dan akhirnya saya membuat blog dengan menggunakan blog gratisan dari blogger.com dengan alamat gopensil.blogspot.com, walau kini sudah nggak tak pakai lagi karena sudah saya upgrade dari blogspot dengan domain TLD (Top Level Domain).

Selain sudah berganti TLD saya juga telah pindah dari blogspot ke wordpress. Perpindahan dari blogspot ke wordpress ini juga pernah saya tulis di blog baru saya yang beralamat gopensil.com dan tulisan tentang cerita saya pindah dari blogger ke wordpress ini ternyata ketika saya lombakan bisa menang dan Alhamdulillah dapet juara 1, lomba tersebut diadakan oleh Jagoan Hosting.

Saya kadang bingung, kenapa bisa menang, padahal tulisannya nggak bagus-bagus amat, bahkan sangat layak jika dibilang nggak bagus hehe. Tapi gak taulah.

Kemudian setelah beberapa bulan berlalu saya mulai pengen bisa menjadi seorang blogger yang beneran, bukan hanya bisa nulis, karena kalau cuman bisa nulis itu mudah, bisa nyari tulisan lain sebagai referensi. Ketika itu saya mulai berkeinginan agar bisa nulis dengan baik, SEO frindly dan juga dapat menghasilkan uang dari apa yang saya tulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun