Mohon tunggu...
Reza Ananta
Reza Ananta Mohon Tunggu... Mahasiswa - CHMC, Formasi Upi

Mahasiswa angkatan 2018, Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Pendidikan di Masa Pandemi

2 Agustus 2021   16:31 Diperbarui: 2 Agustus 2021   16:55 183 1 1 Mohon Tunggu...

KKN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI

Negara Indonesia sampai saat ini 29 Juli 2021 masih di landa pandemi, hampir sebagian besar wilayah Indonesia terpapar virus tersebut. Bahkan, sampai saat ini pemerintah terus mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi dampak yang terkena langsung ke bagian pondasi Negara yaitu masyarakat. Pandemi ini juga memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pendidikan di Indonesia. 

Pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka di lingkungan sekolah pun terpaksa harus di hentikan. Seiring dengan kondisi tersebut, pemerintah Indonesia khususnya Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yakni Nadiem Anwar Makarim memberlakukan pembelajaran dalam jaringan (Daring).

Pendidikan model tersebut di tujukan untuk mengurangi angka kenaikan covid-19 dengan mengutamakan aspek kesehatan para tenaga pendidik dan peserta didik sendiri. 

Dengan adanya kebijakan tersebut membuat sekolah harus langsung beradaptasi terhadap teknologi di masa kini, sekolah sekolah dari sabang sampai merauke harus mendekati apa yang namanya teknologi, maka pihak sekolah dengan ini harus mengkolaborasi antara pendidikan dan teknologi dan dituntut secara cepat agar pendidikan di Indonesia tidak menurun. 

Pembelajaran tersebut bisa menggunakan model Interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LSM), misalnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Zoom, Google Meet, Dsb nya.

Dengan menggunakan system ini adanya suatu tanda positif yakni guru dan siswa dituntut lebih mampu menggunakan aplikasi berbasis internet dan menjadikan pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih fleksibel sebab pembelajaran di masa pandemi bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. 

Tetapi disamping efek positif ada juga efek negative yang ditimbulkan yakni kurang nya pemerataan akses internet di beberapa daerah terutama di daerah pelosok yang tidak mampu dijangkau internetnya, dan masih banyak juga siswa yang tidak mempunyai alat komunikasi untuk mendukung jalannya proses pembelajaran.

Dalam menyikapi kebijakan tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi PTNBH dengan cepat melakukan proses penyesuaian terutama dalam proses pembelajaran mahasiswa terutama dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata. 

Berdasarkan hal tersebut Universitas Pendidikan Indonesia mengusung tema Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Masa Pandemi Covid-19. 

Kegiatan KKN ini dilakukan secara daring ini lebih memfokuskan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara individu ataupun kelompok oleh mahasiswa pada daerah tempat tinggal masing-masing ataupun daerah kosan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN