Mohon tunggu...
Reza Ahmad Wildan
Reza Ahmad Wildan Mohon Tunggu... Pembelajar

Pembelajar || 081211011411 || ahmad.rezawildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ustadz Aceng Audad Tegaskan Pentingnya Ilmu Mantik untuk Kerangka Berpikir Kaum Milenial

29 Juli 2020   12:54 Diperbarui: 29 Juli 2020   13:39 105 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ustadz Aceng Audad Tegaskan Pentingnya Ilmu Mantik untuk Kerangka Berpikir Kaum Milenial
Dok. pribadi

Bojonggede -- Majelis Mantik Nusantara Majelis MWC-NU

Ketua Tanfidz Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC-NU) Bojonggede Ustadz Aceng Audad berpesan tegas kepada peserta "Majelis Mantik Nusantara" khususnya kaum melenial agar mempelajari ilmu mantik. "Kegiatan Majelis Mantik Nusantara sebagai wadah untuk kajian ilmu mantik sangat perlu diadakan untuk manusia menggunakan akal pikirannya. Dan jika kajian ilmu mantik ditiadakan di zaman sekarang, maka dampaknya berbahaya", tegasnya.

Hal itu disampaikan Ustadz Aceng pada sambutan awal Majelis Mantik Nusantara yang dihelat oleh MWC-NU dan PAC Ansor Bojonggede di kediaman KH. Ahmad Zein, MTs. Al-Mujtahidin, Bojonggede, Bogor, Minggu (26/07/2020).

Ketua Tanfidz MWC NU Bojonggede tersebut pun mendukung penuh "Majelis Mantik Nusantara" yang kegiatan di dalamnya adalah mengkaji ilmu mantik agar anak muda melenial dapat menumbuhkembangkan potensi berpikirnya untuk meluruskan kekeliruan informasi di media sosial.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
"Ilmu mantik berpusat di akal dan merupakan kajian untuk mengolah akal kita untuk berpikir agar tidak salah mengambil keputusan, sehingga tidak mudah berbicara tanpa adanya berpikir", pesannya dalam sambutan.

Adapun di antara orang yang berpikir, sambungnya, adalah mereka yang berhati-hati (tidak sembarang) dalam berberbahasa, baik bahasa lisan ataupun tulis, berpikirlah sebelum engkau berucap (tafakkaru qobla anta takallam).

"Oleh karena itu, orang yang tidak mau menggunakan akal pikirannya maka ia seperti binatang, atau bahkan lebih buruk daripada binatang, karena yang membedakan manusia dengan binatang adalah akal." Ucap Ustadz yang berciri khas gondrong tersebut.

Editor: Reza Ahmad Wildan

VIDEO PILIHAN