Mohon tunggu...
Reza SatriaPalupi
Reza SatriaPalupi Mohon Tunggu... Konsultan - Marketing and Motorcycle Enthusiast

Aktif bergabung di Komunitas Sportster Indonesia dan juga seorang motorbike enthusiast. Reza memiliki penglaman profesional dalam hal Negosiasi, Strategi Komunikasi & Pemasaran juga Branding di dunia perbankan. Reza mencoba membagikan pengetahuan serta pengalamannya di dunia marketing dan motorbike melalui artikel-artikel pilihan di website pribadinya.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Pentingnya Psikologi Warna dalam Hal Branding dan Marketing

5 Desember 2018   13:08 Diperbarui: 5 Desember 2018   13:08 894
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara tentang marketing dan branding, saya selalu antusias untuk membahasnya. Bagi saya dua hal ini memang sangat menentukan bagaimana sebuah bisnis dapat bertumbuh. Tak ayal bila kemudian banyak pebisnis yang habis-habisan mengatur strategi marketing dan brandingnya untuk tujuan pengembangan usaha. Dan salah satu sisi yang menurut saya terbilang unik dari marketing dan branding ini adalah psikologi warna.

Penggunaan warna memang begitu kental dalam marketing dan branding meski kadang tak banyak disadari oleh konsumen. Begitu dalamnya penerapan warna dalam strategi bisnis membuat para pengusaha tak bisa main-main ketika akan menerapkanya. 

Warna ini bahkan bisa menjadi identitas sekaligus karakter yang kuat dan mengakar bagi bisnis. Ketika brand bisnis sudah memiliki karakter yang kuat pada warnanya, maka konsumen akan dapat dengan mudah untuk mengenali brand bisnis tersebut, meski dengan menutup nama brand-nya. 

Inilah kekuatan warna yang bisa mempengaruhi psokologi konsumen dalam keputusannya untuk membeli barang secara cepat. Mari kita membahasnya dalam penjelasan satu per satu dari warna yang ada dan digunakan dalam marketing dan branding bisnis.

  • Wana Kuning

Pilihan warna pertama yang bisa Anda gunakan untuk marketing dan branding bisnis yakni kuning. Warna yang terolong cerah ini memang nampak ceria seketika dilihat. Dalam perspektif dan psikologi warna, diketahui bahwa warna kuning bisa membangkitkan kehangatan, kejelasan dan perasaan optimisme. Warna yang sering diidentikkan dengan warna matahari ini juga sering disimbolkan dengan kekayaan yang memang menyerupai warna emas serta harta karun. Biasanya warna kuning yang terang akan nampak terlihat menonjol dan sangat tepat dipakai pada lingkungan yang ramai.

  • Warna Oranye

Berikutnya, warna yang bisa Anda gunakan untuk strategi marketing dan branding bisnis adalah oranye. Warna yang juga terkategori cerah ini juga punya kemamuan untuk menjadi pusat perhatian publik. Saat warna oranye ini terlihat maka siapa pun yang melihatnya akan melirik dan terpana. Warna yang dapat mewakili perusahaan ini sendiri dipercaya bisa menciptakan kepercayaan diri, antusiasme dan kegembiraan.

  • Warna Merah

Ingin membuat konsumen yang melihat produk Anda jadi terpacu denyut nadinya, pilih saja warna merah sebagai identitas bisnis dan perusahaan. Warna yang tergolong warna kuat ini akan memberikan kesan yang hangat, seksi dan juga mendesak. Warna yang juga biasanya digunakan untuk mewakili beberapa hal seperti darah dan asmara ini juga diyakini memiliki kekuatan untuk menarik orang yang melihatnya.

  • Warna Ungu

Bagi Anda yang ingin produk bisnis memiliki kesan mewah dan agung maka penerapan warna ungu akan sangat tepat untuk dipilih. Warna yang mewakili kebijaksanaan ini dipercaya akan mampu menarik konsumen yang mencari pengalaman luar biasa saat berbelanja. Warna yang disimbolkan sebagai warna kerajaan ini juga diyakini akan mampu mengaktifkan imajinasi serta menumbuhkan daya pikat pada siapa pun yang melihatnya.

  • Warna Biru

Berikutnya, warna yang juga bisa menjadi pilihan untuk marketing dan branding produk bisnis adalah bitu. Warna cerah yang dianggap menenangkan ini ternyata menyimpan potensi untuk bisa membuat produk bisnis menjadi punya kekuatan dan kehandalan.

  • Warna Hijau

Selanjutnya, ada warna hijau yang juga bisa Anda gunakan untuk marketing dan branding produk bisnis. Warna yang selalu dan sering diidentikkan dengan bumi dan vegetasi ini bisa membuat produk Anda dianggap menyampaikan pesan damai dan gagasan perbaikan.

  • Warna Hitam dan Putih

Terakhir, warna yang bisa digunakan dalam marketing dan branding bisnis yakni hitam atau putih. Warna hitam sendiri diyakini akan mampu menghadirkan kredibilitas dan profesionalisme. Sementara warna putih dipercaya mampu menghadirkan kesan bersih dan murni dari produk bisnis Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun