Mohon tunggu...
Reza SatriaPalupi
Reza SatriaPalupi Mohon Tunggu... Konsultan - Marketing and Motorcycle Enthusiast

Aktif bergabung di Komunitas Sportster Indonesia dan juga seorang motorbike enthusiast. Reza memiliki penglaman profesional dalam hal Negosiasi, Strategi Komunikasi & Pemasaran juga Branding di dunia perbankan. Reza mencoba membagikan pengetahuan serta pengalamannya di dunia marketing dan motorbike melalui artikel-artikel pilihan di website pribadinya.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pentingnya Membangun Komunitas Sebuah Brand/ Produk

23 November 2018   09:02 Diperbarui: 23 November 2018   09:44 514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Brand memang menjadi salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Dengan brand yang kuat dan berkarakter membuat bisnis akan lebih cepat bertumbuh. 

Namun untuk bisa membuat brand bisnis yang kuat, seorang pengusaha harus berusaha ekstra melakukan beberapa upaya atau strategi. Salah satu upaya yang sering dijalankan para pebisnis untuk meningkatkan nilai brand adalah dengan membangun komunitas digital.

Komunitas Digital Punya Satu Ikatan Interest yang Sama 
Di era transformasi teknologi yang massif seperti sekarang ini memang membuat pemasaran melalui perantara teknologi semakin diminati. Komunitas digital sendiri lahir dari pengaruh teknologi yang terkonsep dalam dunia maya atau online. 

Sebagai sebuah komunitas, tentu ada sekelompok orang yang tergabung dalam satu ikatan ketertarikan aau interest yang sama. Dari satu ikatan inilah maka komunitas digital bisa digerakkan untuk kepentingan tertentu, seperti meningkatkan brand bisnis.

Besarnya Pangsa Pasar di Dunia Online
Pentingnya komunitas digital untuk bisnis, bisa juga kita tinjau juga dari besarnya pangsa pasar di dalamnya. Bicara mengenai dunia digital yang berkonsep teknologi online, maka kita memang akan mendapati pertumbuhan yang tinggi. Tentu saja pertumbuhan yang tinggi ini didorong oleh banyaknya pengguna yang semakin banyak. 

Nah dari pertumbuhan pangsa pasar di dunia online yang besar inilah, Anda sebagai pebisnis bisa memanfaatkannya untuk meraih customer. Caranya, Anda bisa membuat komunitas bisnis di beberapa media atau platform digital seperti media sosial, forum online dan juga website. 

Semakin banyak jumlah anggota komunitas digital yang bisa Anda raih maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk meningkatkan brand bisnis.

Melalui Konten Viral, Komunitas Digital Mampu Melejitkan Brand Bisnis 
Dengan sebuah strategi khusus, Anda memang punya peluang untuk bisa menjadikan komunitas digital ini mampu melejitkan brand bisnis. Caranya Anda bisa membuat konten promosi yang viral. 

Di dunia online, sebuah konten memang bisa menjadi sangat menarik untuk ditonton banyak netizen. Caranya Anda harus bisa membuat konten yang viral. Dengan konten viral yang dibuat, maka brand bisnis Anda akan dapat menarik perhatian banyak orang. Nah dari sinilah kemudian brand bisnis Anda akan bisa dikenal banyak orang dan jadi lebih populer. Dengan komunitas digital ini seorang pebisnis memang bisa menjadikan brand lebih berpengaruh. 

Tentu diperlukan sebuah usaha dan strategi untuk bisa membuat komunitas digital ini bisa berdampak baik bagi bisnis. Jadi setelah mendapatkan komunitas digital bisnis yang mumpuni, Anda sebagai pebisnis harus memainkan strategi dan cara untuk membuat komunitas digital ini bekerja membantu pemasaran dan popularitas brand bisnis Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun