Mohon tunggu...
Reyza agustina
Reyza agustina Mohon Tunggu... Penulis: reyza agustina, mahasiswi prodi pendidikan guru madrasah ibtidayah, iain langsa

Mendeskripsikan Tentang COVID-19 Pada Anak Melalui Lembar Mewarnai Animasi COVID-19 Di Kampung Paya Buju Selemak, Kota Langsa, Aceh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mendeskripsikan tentang Covid-19 pada Anak Melalui Lembar Mewarnai Animasi Covid-19

22 April 2021   11:05 Diperbarui: 22 April 2021   11:33 71 0 0 Mohon Tunggu...

Mendeskripsikan tentang cobid-19 pada anak melalui lembar mewarnai animasi covid-19 di kampung paya buju seulemak,kota langsa , aceh

Coronavirus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. (World Health Organization) organisasi kesehatan dunia menyatakan wabah penyakit virus corona COVID-19.

Pandemi yang disebabkan virus corona merupakan pandemi pertama yang dapat dikendalikan. WHO meminta untuk seluruh negara mengambil tindakan yang mendesak dan agresif untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini masih belum ditemukan obat maupun vaksin salah satunya negara Indonesia.

Tentunya dengan adanya beberapa kebijakan yang telah diterapkan masyarakat mulai merasakan dampaknya di berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk sekolah di rumah, dimana siswa belajar secara daring dantidakmelaksanakan pembelajaran di sekolah.

Namun seiring berjalannya waktu, penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia semakin bertambah. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan terhadap pandemi COVID-19 dan minimnya kesadaran masyarakat sehingga penanganan kurang mengena dalam sistem pemerintahan di negara kita.

Anak-anak SD yang belajar di rumah belum bisa dipastikan kemanannya karena mereka masih dalam fase suka bermain. Padahal anak-anak termasuk ke dalam kelompok usia yang sangat rentan terhadap penularan COVID-19 dari lingkungan sekitarnya. Sebagian anak-anak yang terinfeksi COVID-19.

 
Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Tahap pelaksaan meliputi pencarian gambar animasi COVID-19 kami ambil dari himpunan psikologi indonesia.

Selanjutnya, animasi COVID-19 tersebut di edit menjadi hitam putih dan kemudian di cetak. Kedua, tahap pelaksanaan meliput pembagian lembar mewarnai animasi COVID-19 kepada anak- anak. Kemudian anak-anak di beri arahan untuk mewarnai animasi COVID-19 tersebut dengan warna yang semenarik mungkin.

Setelah selesai mewarnai, anak-anak di beri tahukan tentang terkait COVID-19 dari pengertian, gejala, cara penularan dan cara pencegahan. Metode yang diguanakan dalam penyampaian materi adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi.

Penyampaian semenarik mungkin  seolah-olah  kita sedang bercerita dibantu alat peraga lembar pewarnaan yang telah di warnai. Tahapan evaluasi meliputi Tanya jawab peserta mengenai COVID-19 yang telah diedukasikan.

Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan edukasi terhadap pengetahuan peserta mengenai COVID-19.

Dimasa sekaang banyak juga masyarakat tidak menjalan protokol kesehatan, mensusitangan , menjaga jarak agar tidak ketularan virus tersebut

VIDEO PILIHAN