Mohon tunggu...
Reyne Raea
Reyne Raea Mohon Tunggu... Momblogger Surabaya

Salam kenal, mari berbagi sambil belajar menulis :) Blog saya di https://www.reyneraea.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Perempuan, Pernikahan, dan Impian serta Kodratnya

13 Desember 2019   08:32 Diperbarui: 13 Desember 2019   17:22 1833 15 2 Mohon Tunggu...
Perempuan, Pernikahan, dan Impian serta Kodratnya
www.unsplash.com

"Apa kabar wahai perempuan? Dalam pernikahanmu, apakah kau bahagia?"

Dalam beberapa hari terakhir, saya menonton 3 buah film drama yang hampir sama temanya, meski beda alur dan ceritanya.

Adalah Kim Ji-Young, Born 1982 yang menceritakan tentang banyak hal, namun di sini saya ingin menyoroti kondisi lakon utamanya, Kim Ji-Young, seorang ibu rumah tangga dengan 1 anak perempuan yang lucu dan sehat, suami yang begitu pengertian dan baik hati, serta kehidupan yang yang sempurna meski tidak terlalu mewah.

Tapi, Kim Ji-Young depresi, merasa dirinya tidak berarti, sebagai ibu rumah tangga yang tidak produktif dan hanya menanti uang dari suami.

Ada pula Nicole, dalam film Marriage Story yang menceritakan seorang istri yang akhirnya menyerah dengan 10 tahun pernikahannya, hanya karena dia merasa suaminya tidak memahaminya, tidak mengerti cita-cita dan impiannya.

Dia merasa bukan siapa-siapa lagi, semua orang hanya memandang suaminya yang semakin naik pamornya, sementara semua itu berkat ide dan dukungannya, dan suaminya tidak pernah merasa itu adalah masalah buatnya.

Di sisi lain ada pula April, dalam film lama di tahun 2008 lalu, Revolutionary Road yang sesungguhnya punya segalanya, meski sederhana. Tapi dia merasa ada yang kurang dengan kehidupannya, dia ingin mewujudkan cita-citanya menjadi aktris terkenal.

Dan semua itu terasa sulit, karena harus mengurus anak dan rumah di sebuah daerah yang jauh dari kota besar.

Dari ketiga film tersebut, dihubungkan oleh perempuan yang tidak berbahagia dengan pernikahannya, dan merasa pernikahan dan anak menghalangi cita-cita dan impiannya.

Menikah, Membatasi Impian Atau Memang Kodrat?
Menikah, sejatinya adalah menyempurnakan ibadah, setidaknya bagi seorang muslim. Namun yang terjadi, kebanyakan menikah hanya karena tuntutan keluarga dan lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN