Reyne Raea
Reyne Raea Karyawan Swasta

www.reyneraea.com || Salam kenal, mari berbagi sambil belajar menulis :)

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wonderful Indonesia, Setitik Surga di Pulau Aspal Bernama Pantai Nirwana

7 Desember 2018   08:00 Diperbarui: 7 Desember 2018   08:49 212 0 0
Wonderful Indonesia, Setitik Surga di Pulau Aspal Bernama Pantai Nirwana
Sumber Foto : Dokpri

Assalamu'alaikum :)

Apa yang ada di benak kita jika mendengar pulau aspal? Sudah pasti hal pertama yang terlintas adalah pulau Buton.

Hal kedua adalah, pulau yang panas, gersang, hitam dan gosong.

Well, yang terakhir sih mungkin bisa dikatakan benar.

Pulau Buton adalah sebuah pulau kecil yang berada di tenggara pulau Sulawesi, di mana pulau ini telah mendunia karena kualitas aspalnya yang sangat terkenal.

Namun diluar aspal yang mendunia tersebut, tahukah kita? Kalau di pulau yang mungkin sekilas terkesan panas, gersang dan gosong itu, tersembunyi banyak keindahan alam dan budayanya?

Salah satunya keindahan pantai-pantai yang ada di banyak pesisir pulau aspal tersebut. Ada banyak pantai indah yang tersebar di sepanjang pesisir pulau tersebut, yang masing-masing punya ciri khas keindahan tersendiri, yang tidak kalah cantik dari pantai-pantai eksotik di pulau dewata, Bali.

Salah satunya yang paling terkenal sejak lama yaitu, pantai Nirwana.

Sumber Foto : turismoriasbaixas.com
Sumber Foto : turismoriasbaixas.com
Nirwana, dalam KBBI juga disebut sebagai surga.

Tidak terlalu berlebihan, jika pantai ini disebut dengan surga, karena bagi saya, pantai ini adalah semacam setitik surga yang jatuh di pulau aspal tersebut.

Pantai yang membuat saya, tak berhenti takjub melihat pantai di daerah lain, karena selalu mengingatkan saya akan pantai ini.

Pantai Nirwana, berada di kelurahan Sula, Betoambari, Kota BauBau, Sulawesi tenggara.

Sebuah kota yang berada di pulau aspal, Buton yang telah membentuk jadi kotamadya sejak tahun 2006.

Pantai ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya kurang lebih 9 KM. Bahkan, sangat berdekatan dengan Bandara Betoambari BauBau.

Akses menuju pantai inipun mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, atau dengan menggunakan kendaraan umum, karena letak pantai ini berada di jalur lintas kabupaten yang lumayan ramai dilewati angkutan umum.

Untuk masuk ke lokasi pantai Nirwana, para pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar 2 ribu rupiah per orang, di luar parkir mobil maupun motor.

Keindahan pantai ini, membuat saya tidak pernah absen mengunjunginya, selain Benteng Keraton Buton yang menjadi benteng terluas di dunia, jika sedang mudik ke Buton. Dan dari tahun ke tahun, keindahan pantai ini makin terkenal hingga ke mana-mana.

Keindahan pantai ini akan lebih terasa jika kita mengunjunginya di saat siang hari bolong. Warna kontras antara pasir putih, birunya laut yang tenang serta birunya langit, begitu menghipnotis mata kita sehingga rasanya jadi betah dan lupa pulang.


Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke pantai indah ini, di antaranya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3