Mohon tunggu...
Reyne Raea
Reyne Raea Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Influencer Surabaya

Panggil saya Rey, mom blogger di reyneraea.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ternyata Ini Alasan Mengapa Pemerintah Mengharuskan Usia Anak Masuk SD Minimal 7 Tahun

16 Maret 2018   08:00 Diperbarui: 12 Desember 2018   15:50 30807
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usia pas masuk SD - dokumen pribadi

Assalamu'alaikum :) 

Saat-saat sekarang ini, harusnya menjadi masa terempong bagi para orang tua yang mana anaknya bakal masuk SD di tahun ini.  Setidaknya bagi mereka yang memilih sekolah swasta bagi putra-putrinya.

Seperti kisah kami setahun yang lalu,  saat mengurus Darrell masuk SD dalam Drama Masuk SD. Kami bahkan sudah inisiatif sejak Desember 2016 indent pembayaran uang masuk SD kakak Darrell.

Namun karena sesuatu dan lain hal,  test masuk SD nya bisa baru bisa diadakan di bulan Februari 2017. Saat-saat  seperti ini,  biasanya bakal muncul lagi masalah perdebatan para orang  tua yang tak pernah lekang oleh waktu. Apalagi kalau bukan usia yang pas  buat anak masuk Sekolah Dasar.

Sebagian menganggap bahwa anak masuk SD sebaiknya pada usia 7 tahun,  minimal 6,5 tahun. Namun sebagian juga berpendapat,  usia bukanlah patokan utama,  asal anak sudah bisa calistung,  gak bakal ada masalah.

Para  orang tua yang mempunyai pemikiran seperti pillihan kedua di atas  biasanya menyamakan dengan pengalaman mereka sendiri saat masuk SD yang  mana bahkan ada yang usia belum genap 5 tahun, sudah masuk SD karena  (katanya) dia cerdas dan bisa ngikutin semua pelajaran yang ada.

Saya sendiri saat kecil masuk SD di usia 5 tahun, bukan karena saya cerdas atau pintar, maklum dulu saya gak pernah masuk TK *hiks. Melainkan  karena dulu saya sangat dekat dengan kakak saya, Jouke. Jadinya saat  kakak harus masuk SD saya yang terbiasa dibesarkan dengan apa-apa selalu  gak dibedakan antara saya dan kakak, pun ingin mengikuti kakak masuk  SD, dan jadilah saya masuk SD (ceritanya buat ikut-ikutan saja) pada  usia 5 tahun.

Awalnya, orang tua mengatakan gak apa-apa  jika saya masih kurang dalam pelajaran dan akhirnya harus tinggal  kelas, eh ternyata saya bisa mengikuti pelajaran meskipun gak masuk  dalam kategori pandai seperti kakak yang waktu itu usianya sudah cukup,  jadinya sayapun ikut naik kelas.

Kembali ke masalah perdebatan usia yang pas untuk anak masuk SD. Saat  kakak Darrell masuk SD, usianya sudah 6,5 tahun. kami sebenarnya gak  merencanakan masalah usianya berapa pas masuk SD, hanya saja karena dia  lahir di bulan tanggung plus waktu usianya 4 tahun saya memutuskan  kembali bekerja kantoran dan menitipkannya di daycare.

Oleh  bunda-bunda (guru) di sekolahnya, disarankan agar kakak Darrell masuk  TK di usia 4,5 tahun. Dan akhirnya lulus TK di usia 6,5 tahun. Beruntung  untuk SD swasta tidak mematok usia anak harus minimal 7 tahun saat  masuk SD, bahkan informasi yang saya baca di tahun 2016 lalu, SD swasta  menerima anak SD usia minimal 5 tahun 3 bulan.

Jadi untuk usia  Darrell yang 6,5 tahun itu sudah lebih dari cukup dan Alhamdulillah  ternyata banyak temannya yang seusia dia, bahkan ada yang lebih muda. Sayapun tidak terlalu larut pada  perdebatan usia anak saat masuk SD, toh kakak Darrell gak ada masalah  usia. Meskipun demikian, di dalam hati masih bertanya-tanya, apa  sebenarnya maksud ada batasan usia anak masuk SD?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun