Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Announcer

I'm not a genius, but a curious person

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Belajar Personal Branding dari Lord Rangga Sasana

19 Juni 2021   10:48 Diperbarui: 19 Juni 2021   11:32 568 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Personal Branding dari Lord Rangga Sasana
Lord Rangga Sasana (Sumber: KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)

Namanya Rangga Sasana, manusia unik yang sempat mendeklarasikan diri sebagai Sekjen dari Sunda Empire. Sebuah kerajaan antah berantah yang konon bisa mendamaikan dan mensejahterakan dunia.

Orang yang pernah mengaku sebagai teman dari Bill Gates dan Jack Ma hingga Elon Musk. Namun sayang berkat sepak terjangnya yang kontroversial itu akhirnya dia harus mendekam di penjara.

Banyak orang mencemoohnya, tidak sedikit yang mengejek dan membullynya dengan sebutan "halu" karena ulahnya itu, namun hebatnya dia tetap bergeming. Tidak sedikit pun tersinggung dengan hujatan netizen yang ditujukan kepada dirinya.

Sampai akhirnya dia pun bebas, Rangga yang dulu bukanlah Rangga yang sekarang, Dulu diserang sekarang dia disayang, dulu dihujat sekarang dia selalu tampil memikat. Dari sinilah publik mulai bertanya-tanya siapa sebenarnya Rangga sasana?

Tidak penting sebenarnya untuk mengulik siapa dirinya yang sebenarnya. Apakah hal kontroversial yang selama ini dia tampilkan murni "angan-angan" atau imajinasinya belaka atau memang hal itu dia lakukan hanya untuk meraih simpati dari publik supaya dirinya dikenal?  

Yang jelas ada satu hal yang bisa kita pelajari dari sosoknya yang mempunyai persona unik dan cukup menarik itu.

Kita akan menganalisa seperti apa cara dia "membranding" dirinya sendiri sehingga pasca dirinya bebas dari penjara dia justru semakin dikenal dan jadi langgangan para youtuber podcast bahkan beberapa televisi yang mengundangnya untuk bicara dan tampil sebagai bintang tamu diacara tersebut.

Perihal inovasi Rangga Sasana memang tidak sehebat Bill Gates, Jack Ma, atau Elon Musk yang sering-sering disebut sebagai koleganya itu. Akan tetapi perihal bagaimana cara dia mempresentasikan dirinya sendiri, bagaimana cara dia tampil di panggung publik, kemampuannya cukup mempuni.

Meski dia sering dikatain "halu" atau mengada-ngada, faktanya dia berhasil meyakinkan ratusan bahkan ribuan orang untuk bergabung kedalam kerajaan fiktifnya itu.

Tidak semua orang dilahirkan dengan kemampuan bisa meyakinkan banyak orang untuk mengikutinya. Namun rangga bisa melakukan itu. Itulah sisi lain dari Rangga yang selama ini tidak banyak orang sadari.

Hemat saya, Personal Branding adalah bagaimana cara kita mempresentasikan diri sendiri lalu citra persona kita akan melekat dibenak orang lain tergantung dari apa yang kita presentasikan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x