Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Brave Councilor

Mentransfer Ide, Gagasan dan Pengalaman, melalui tulisan dengan gaya bahasa yang sederhana. Semoga dapat memberikan dampak Positif dan Inspirasi bagi khalayak banyak. IG : reynalprasetya

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Keluarkanlah Uang yang Bagus, Simpan yang Jelek!

12 Februari 2020   11:04 Diperbarui: 13 Februari 2020   17:02 268 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keluarkanlah Uang yang Bagus, Simpan yang Jelek!
Ilustrasi mengeluarkan uang (Sumber : livemint.com)

Jika kita selalu berharap mendapatkan sesuatu yang terbaik dari orang lain, maka sudah sepatutnya kita juga selalu memberikan sesuatu yang terbaik untuk orang lain.

Mengeluarkan uang sudah pasti menjadi rutinitas kita sehari-hari, entah pada saat kita belanja kebutuhan rumah tangga, belanja bumbu dapur, atau sekedar jajan cemilan kesukaan.

Selain mengeluarkan, kita juga pasti menerima uang. Apalagi bagi seorang pedagang pasar, pemilik warung kecil, atau pedagang keliling, bisa dipastikan hampir tiap hari mereka menerima uang.

Saat ini, uang terdiri dari beberapa jenis dan bentuk fisik, ada uang kertas, uang logam, ada pula uang elektronik yang tak berbentuk namun masih mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai alat transaksi.

Tentu saja yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita saat ini adalah uang kertas dan juga uang logam yang bisa dengan jelas terlihat bentuk fisiknya.

Berbeda dengan uang logam yang mempunyai ketahanan yang cukup kuat, uang kertas seringkali mudah sobek, dan tidak tahan lama. Jangankan kena air, hanya di lipat-lipat atau di bejek-bejek saja bentuk nya akan cepat berubah, lalu menjadi rusak.

Makanya tidak heran, kita seringkali menemukan uang kertas yang layak dan tidak layak di pasaran. Saya menyebut nya uang yang bagus dan uang yang jelek. Supaya bisa terlihat perbedaan keduanya.

Contoh uang yang bagus dan layak di keluarkan (Dok pribadi).
Contoh uang yang bagus dan layak di keluarkan (Dok pribadi).
Nah, seperti itulah kira-kira uang yang bagus dan layak di keluarkan. Tidak sobek, tidak lecek, tidak kusam, dan tidak terlihat mengerikan untuk dibelanjakan atau di berikan pada orang lain.

Sedangkan dibawah ini adalah penampakan uang yang jelek dan sepertinya memang sudah tidak layak untuk di keluarkan ataupun di edarkan di pasaran.

Contoh uang yang jelek (Dok pribadi).
Contoh uang yang jelek (Dok pribadi).
Anehnya, meskipun kita meyebut uang tersebut tidak layak untuk dikeluarkan, faktanya di Indonesia ini uang yang kondisi sampai lecek, kusam, sobek, seperti itupun ternyata masih bisa dibelanjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x