Mohon tunggu...
Hadi Gumilar
Hadi Gumilar Mohon Tunggu... Hamba Tuhan yang Lemah

Pria sederhana yg gemar membaca, berpikir, mengamati, menganalisis dan mencari suatu fakta. Menyukai hal-hal rumit, kompleks dan abstrak. Pecinta karya seni, hewan, dan keindahan alam.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rahasia Otak Manusia, Ternyata Otak Manusia itu Luar Biasa

14 November 2019   05:45 Diperbarui: 14 November 2019   18:36 0 0 0 Mohon Tunggu...
Rahasia Otak Manusia, Ternyata Otak Manusia itu Luar Biasa
Source : chacahinata.wordpress.com

Otak merupakan bagian komponen dalam tubuh manusia yg sangat penting fungsinya. Karena otak mampu mengontrol hal-hal yg sangat vital seperti mengendalikan penginderaan, mengendalikan fungsi intelektual seperti proses berpikir, penalaran, mengendalikan sensasi seperti sentuhan, tekanan, dlsb. Tidak hanya vital, otak juga merupakan organ yg paling kompleks dalam tubuh manusia.

Nah sebelum kita membahas tentang kekuatan otak manusia, saya akan mengajak Anda sejenak untuk menjadi scientis dadakan, kita akan melihat sejauh mana penting nya fungsi otak ini dalam setiap makhluk hidup. 

Oke pertama kita tahu bahwa lebah memiliki berbagai macam kemampuan. Diantara nya adalah bereproduksi, bernavigasi, bersosial, berkomunikasi, menari, menyerbu, dlsb. Lewat berbagai macam kemampuan itu lah lebah di daulat memliki sekitar 7000 sel otak. Luar biasa kan ?

Lalu bagaimana dengan tikus ? Ternyata otak tikus lebih kompleks. Tikus sendiri kabarnya memiliki 5 juta sel otak. Otak tikus di anggap mempunyai kemiripan dengan otak manusia. 

Nah begitu pun dengan kera yg secara fisik dan anatomi hampir mirip dengan manusia. Menurut sains setidaknya kera memiliki 10 juta Cell otak, itulah kenapa kera, seringkali di anggap hewan yg paling cerdas daripada hewan yg lain.

Jika Lebah, Tikus, dan Kera memiliki otak yg sangat luar biasa, lalu bagaimana dengan manusia ? Nah ternyata manusia lebih luar biasa lagi. karena menurut versi ilmuwan, manusia sendiri memiliki setidaknya 1 triliun sel otak. Wow jumlah yg sangat fantastis. Lihat bagaimana perbandingan nya dengan makhluk hidup yg lain ? Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yg memiliki otak yg paling canggih di antara makhluk yg lain.

Jika di ibaratkan seperti komputer, otak manusia itu ibarat hardware yg sangat canggih karena otak manusia mampu menampung jutaan informasi yg tidak mungkin mampu di lakukan oleh komputer secanggih apapun di dunia ini.

Nah kalau begitu maukah kita menyadari hal ini ? Kita di berikan anugerah yg luarbiasa oleh Tuhan berupa otak yg sangat canggih ini. Mengapa tidak kita instalkan program-program yg canggih juga dalam otak ini ? Mengapa tidak kita instalkan software-software yg memberdayakan ke dalam otak ini ?

Mungkin inilah sebab nya kesulitan dan hambatan hidup. Kerapkali manusia belum juga merubah program-program yg jauh lebih canggih dan lebih modern. Terlebih zaman semakin maju, dunia semakin berubah dari waktu ke waktu, lalu mengapa kita masih menggunakan program lama yg jadul dan usang ? 

Nah satu-satunya nya cara supaya kita dapat melewati setiap perubahan zaman dan hambatan-hambatan dalam hidup ini, kita perlu mengupdate program-program baru dalam otak ini, jangan sampai kita ketinggalan dan masih terjebak dalam pemikiran lama yg sudah tidak lagi relevan di abad ini. 

Semoga saja kita senantiasa memanfaatkan otak ini dengan baik. :)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x