Mohon tunggu...
Humaniora

Menjaga Keramahan di Bumi Nusantara

11 Januari 2016   17:48 Diperbarui: 11 Januari 2016   18:12 0 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki beragam suku dan penduduknya yang terbesar di Asia Tenggara, selain itu Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang berpenduduk ramah. Keramahan di bumi Nusantara sebaiknya dijaga oleh masyarakatnya agar tidak pudar. Untuk itu setiap Suku diharapkan untuk dapat berbicara dengan bahasa Indonesia yang santun.

Sebenarnya berbicara santun itu sangatlah mudah, dangan mengucapkan kalimat “tolong” ketika anda ingin meminta bantuan, “terima kasih” ketika kita diberikan pertolongan maupun menolak sesuatu, “maaf” apabila anda melakukan kesalahan terhadap orang lain, “permisi” ketika anda hendak lewat. Dengan mengawali dan mengakhiri kalimat dengan kata-kata seperti itu, orang-orang akan mengecap anda sebagai pribadi yang ramah. Jangan lupa menjaga volume bicara anda agar dapat didengar baik oleh lawan bicara, dan yang terpenting jangan pernah memotong saat orang lain berbicara.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tingkah laku, ekspresi, serta penampilan anda ketika berbicara dengan mitra tutur. Hindari perbuatan-perbuatan yang tidak sopan ketika anda berbicara, seperti menggoyangkan kaki, sendawa, buang gas, dan hal-hal lainnya yang tidak beretika. Lalu memberikan kesan baik melalui ekspresi wajah anda. Berpenampilanlah dengan rapi sesuai dengan tempat dan kondisi. apabila anda ingin dihormati anda juga harus  berperilaku dan perpenampilan dengan pantas.

Selain itu ketika kita berinteraksi juga harus memperhatikan kebijaksanaan, kerendahatian, pertimbangan, simpati, kedermawanan, pujian, serta persetujuan. Perhatikan juga usia, status, dan derajat mitra tutur anda. Tempat, waktu atau situasi, dan topik sangat menentukan dalam berbicara yang santun.

Dengan berbicara santun dalam kehidupan sehari-hari tentunya juga akan berguna untuk kehidupan sosial kita. Selain bermanfaat untuk kita, ternyata hal ini juga dapat membuat ketertarikan para wisatawan dari mancanegara untuk mengunjungi bumi Nusantara yang dikenal sebagai negara yang berpenduduk ramah. Maka dari itu mulailah berbicara santun! Ingat! perubahan itu dimulai dari diri kita sendiri.

VIDEO PILIHAN