Mohon tunggu...
Rexa Novaris
Rexa Novaris Mohon Tunggu... Pendidikan Administrasi Perkantoran

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN Covid-19 UNS Support Keselamatan Masyarakat terhadap Covid-19

18 September 2020   18:34 Diperbarui: 18 September 2020   18:39 1 0 0 Mohon Tunggu...

Sukoharjo – Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Universitas Sebelas Maret (UNS) mengalihkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler menjadi KKN Tanggap Wabah Covid-19. Dengan tidak mengurangi esensi dari pengabdian kepada masyarakat, KKN Tanggap Wabah Covid-19 tahap II yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei – 30 Juni 2020 ini diikuti oleh tidak sedikit mahasiswa UNS yang dilaksanakan pada daerah tempat tinggal masing-masing. KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap dapat mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia yaitu dengan memanfaatkan media daring dan luring pada proses pelaksanaannya.

Hal demikian dilakukan oleh salah satu mahasiswa peserta KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19, Muhamad Fuad Shafly yang tinggal di RT 03/RW 05 Desa Tegalan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Dimonitoring dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Eng Kusumaningdyah N.H, ST., MT., pelaksanaan KKN dengan penggunaan media daring dan luring berjalan lancar. Bertemakan “Supporting Keselamatan Masyarakat terhadap Covid-19”, KKN dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi dan cara pencegahan terpapar virus Covid-19 pada masyarakat melalui online maupun offline

Pada saat kegiatan KKN COVID-19 dilakukan di desa tegalan sudah mengikuti aturan pemerintah. Kegiatan yang dilakukan pada saat KKN COVID-19 di desa tegalan dilakukan secara offline dan online diantaranya kegiatan online seperti edukasi terkait tentang bahasa dan cara penanggulangan covid-19, pembuatan video untuk meningkatkan pemahaman warga tentang covid-19, sedangkang untuk kegiatan offline diantaranya pemasangan mmt dan poster, pembagian masker dan handsanitazer, pembuatan tempat cuci tangan dari ember selanjutnya akan diletakkan ditempat – tempat ramai dilewati orang.

“Warga Desa Tegalan menyambut dengan baik adanya kegiatan KKN COVID-19 ini. Mereka dengan senang hati mengikuti sosialisai dan edukasi yang saya berikan baik berupa tulisan ataupun secara langsung. Mereka juga dengan bangga menggunakan masker yang saya berikan guna mencegah tertularnya virus tersebut.,” ujar Fuad, Selasa (30/06/2020).

KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 pada RT 03/RW 05 Desa Tegalan ditutup dengan penyerahan bantuan fisik berupa ember kran dan sabun cuci tangan kepada warga yang membuka warung makan dan tempat rental playstation.

Dengan adanya kegiatan KKN COVID-19 yang dilakukan di desa tegalan, sekarang warga sering menggunakan masker kalau keluar rumah. Semoga setelah kegiatan KKN COVID-19 warga desa tegalan dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan terhindar dari covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x