Mohon tunggu...
Oto Mania
Oto Mania Mohon Tunggu... Editor - Senang mengulas seputar otomotif

Senang mengulas seputar otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Sebelum Beli Hyundai Creta, Pahami Apa Itu Front Wheel Drive!

29 Agustus 2022   14:15 Diperbarui: 29 Agustus 2022   14:22 101 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo Credit: Hyundai.com

Sebelum membeli mobil Hyundai CRETA, jangan lupa perhatikan aspeknya secara mendetail. Salah satunya adalah mode penggerak yang digunakan. Secara umum, mode penggerak mobil ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), dan Four Wheel Drive (4WD). Lantas, bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya berikut ini!

Mengenal front wheel drive 

Front Wheel Drive (FWD) merupakan mode penggerak yang bekerja dengan menyalurkan tenaga mesin ke roda mobil bagian depan. Penyaluran tenaga tersebut tidak menggunakan komponen lain seperti gardan, tapi menggunakan as roda secara langsung karena terhubung dengan mesin maupun transmisi.

Dengan begitu, komponen mesin pun terlihat lebih sedikit dan bobot mobil menjadi lebih ringan. Biasanya, mode ini banyak digunakan pada mobil berjenis SUV maupun MPV, salah satunya adalah Hyundai CRETA.

Mobil tipe ini memang cukup banyak dicari dan diminati oleh masyarakat di tanah air. Alasannya karena sistemnya yang ringkas, sehingga otomatis membuat konsumsi bahan bakarnya relatif lebih hemat. Jadi, sangat cocok bagi pengendara yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi tinggi.

Apa bedanya dengan rear wheel drive?

FWD Hyundai CRETA sangatlah berbeda dari mobil lainnya yang menggunakan mode penggerak Rear Wheel Drive (RWD). Tenaga dari mesin akan disalurkan ke bagian roda belakang. Sistem ini dikenal juga dengan istilah 2WD karena hanya menggunakan dua roda bagian belakang sebagai penggeraknya.

Cara kerjanya adalah tenaga yang berasal dari mesin, didistribusikan ke bagian roda belakang melalui gardan khusus. Adapun keunggulan dari sistem RWD ini adalah lebih kuat ketika berada di tanjakan. Selain itu, mobil pun tidak mudah terselip. Akan tetapi, mobil jenis RWD memiliki bobot yang cenderung berat. Hal itu disebabkan oleh banyaknya bagian bawah sasis yang digunakan untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda belakang.

Ada juga yang disebut four wheel drive

Selain kedua mode penggerak di atas, ada pula yang dikenal dengan istilah Four Wheel Drive. Untuk membedakannya dengan Front Wheel Drive, maka Four Wheel Drive disebut dengan 4WD dalam dunia otomotif.

Untuk cara kerjanya, tenaga yang berasal dari mesin mobil didistribusikan ke empat roda secara keseluruhan. Mode penggerak ini masih dibedakan lagi berdasarkan kebutuhan penggunaan oleh pengendara, yakni full time, part time, dan All Wheel Drive (AWD). Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
    Lihat Otomotif Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan