Sidoarjo, 29 Juni 2022 -- Pada era pandemi covid-19, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dilakukan secara individu sesuai dengan domisili masing-masing. Salah satu mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Publik yaitu Revi Dwi Septikasari, melakukan kegiatan KKN di Desa Wage Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo dengan program kerja "Peningkatan Kapasitas UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Catering dan Aneka Kue Basah Melalui Strategi Pemasaran Digital". Mahasiswa berada di bawah bimbingan Bapak Dr.,Drs., Teguh Priyono Sadono, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Terjadinya pandemi covid -19 di Indonesia sangatlah berdampak bagi banyak orang. Hal ini juga sangat merugikan semua pihak termasuk UMKM yang mengakibatkan menurunnya penjualan. Salah satunya adalah UMKM Aminah Kitchen yang sedang mengalami beberapa permasalahan di masa pandemi. Beberapa permasalahan yang dialami oleh UMKM yaitu (1) Tidak adanya logo pada kemasan; (2) Kurang menariknya packaging yang digunakan; (3) Kurangnya pemahaman terhadap penggunaan media sosial. Maka dari itu, penulis melakukan sebuah program kerja dalam kegiatan KKN yaitu dengan membuat platform digital seperti instagram untuk dapat meningkatkan daya jual dan juga agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.Â
Dalam mengembangkan UMKM, penulis memberikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh Ibu Aminah. Beberapa solusi yang diberikan oleh penulis adalah  (1) Membuat desain logo sticker, banner, dan stampel; (2) Membelikan packaging; (3) Mengajarkan mitra dalam melakukan pemasaran produk melalui platform digital yaitu instagram. Mitra juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. "Dengan adanya bantuan pemasaran digital sangat membantu dalam peningkatan penjualan." Kata Ibu Aminah
Maka dari itu, perubahan yang terjadi setelah diadakannya KKN pada usaha catering dan aneka kue basah milik Ibu Aminah adalah UMKM tersebut sekarang telah memiliki logo, banner, dan juga stampel. Selain itu setelah adanya kegiatan KKN ini menjadikan Ibu Aminah dapat melakukan pemasaran produknya secara online melalui media sosial yang telah dibuat. Sebelumnya Ibu Aminah hanya melakukan promosi secara offline ke tetangga sekitar. Oleh karena itu, setelah adanya kegiatan ini dapat meningkatkan daya jual UMKM melalui digital marketing dan agar dapat lebih dikenal oleh masayarakat luas.
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten