Mohon tunggu...
Revi Dwi Septikasari
Revi Dwi Septikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

hai!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Menerapkan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran UMKM di Sidoarjo

29 Juni 2022   16:15 Diperbarui: 29 Juni 2022   17:45 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sidoarjo, 29 Juni 2022 -- Pada era pandemi covid-19, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dilakukan secara individu sesuai dengan domisili masing-masing. Salah satu mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Publik yaitu Revi Dwi Septikasari, melakukan kegiatan KKN di Desa Wage Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo dengan program kerja "Peningkatan Kapasitas UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Catering dan Aneka Kue Basah Melalui Strategi Pemasaran Digital". Mahasiswa berada di bawah bimbingan Bapak Dr.,Drs., Teguh Priyono Sadono, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)

Terjadinya pandemi covid -19 di Indonesia sangatlah berdampak bagi banyak orang. Hal ini juga sangat merugikan semua pihak termasuk UMKM yang mengakibatkan menurunnya penjualan. Salah satunya adalah UMKM Aminah Kitchen yang sedang mengalami beberapa permasalahan di masa pandemi. Beberapa permasalahan yang dialami oleh UMKM yaitu (1) Tidak adanya logo pada kemasan; (2) Kurang menariknya packaging yang digunakan; (3) Kurangnya pemahaman terhadap penggunaan media sosial. Maka dari itu, penulis melakukan sebuah program kerja dalam kegiatan KKN yaitu dengan membuat platform digital seperti instagram untuk dapat meningkatkan daya jual dan juga agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

dokpri
dokpri

Dalam mengembangkan UMKM, penulis memberikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh Ibu Aminah. Beberapa solusi yang diberikan oleh penulis adalah  (1) Membuat desain logo sticker, banner, dan stampel; (2) Membelikan packaging; (3) Mengajarkan mitra dalam melakukan pemasaran produk melalui platform digital yaitu instagram. Mitra juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. "Dengan adanya bantuan pemasaran digital sangat membantu dalam peningkatan penjualan." Kata Ibu Aminah

Maka dari itu, perubahan yang terjadi setelah diadakannya KKN pada usaha catering dan aneka kue basah milik Ibu Aminah adalah UMKM tersebut sekarang telah memiliki logo, banner, dan juga stampel. Selain itu setelah adanya kegiatan KKN ini menjadikan Ibu Aminah dapat melakukan pemasaran produknya secara online melalui media sosial yang telah dibuat. Sebelumnya Ibu Aminah hanya melakukan promosi secara offline ke tetangga sekitar. Oleh karena itu, setelah adanya kegiatan ini dapat meningkatkan daya jual UMKM melalui digital marketing dan agar dapat lebih dikenal oleh masayarakat luas.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun