Mohon tunggu...
REVI SAPUTRI
REVI SAPUTRI Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 27 Kerinci

Teruslah belajar, berkarya dan bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Siswa pada Materi Descriptive Text

2 Oktober 2022   05:45 Diperbarui: 2 Oktober 2022   06:37 293 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bahasa adalah alat untuk mengkomunikasikan berbagai macam maksud dan tujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini mengandung makna betapa pentingnya penguasaan bahasa sebagai life skill untuk mempertahankan hidup.

 Dalam pembelajaran bahasa Inggris implikasinya adalah bahwa pembelajarannya  diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menciptakan teks bahasa Inggris lisan maupun tulis sebagai life skill sesuai dengan tingkat perkembangan literasi mereka.

Salah satu keterampilan berbahasa  yang harus dikuasai siswa adalah keterampilan menulis. Salah satu jenis teks yang yang harus dikuasai oleh  siswa SMP adalah teks deskriptif (descriptive text). Teks ini  sangat berguna untuk mendeskripsikan orang, benda, binatang atau tempat. 

Terkait permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran situasi di sekolah penulis adalah minimnya perbendaharaan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris, fasilitas penunjang belajar yang kurang memadai, tidak adanya background siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris pada jenjang sebelumnya, guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran sehingga membuat proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan.

Agar tetap dapat menciptakan pembelajaran yang  menyenangkan, menarik dan aktif. Guru harus mampu meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa dapat tercipta melalui penerapan media, model dan strategi pembelajaran yang menarik dan inovatif.

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, penulis sudah mencoba menerapkan model, media dan strategi pembelajaran yang menarik dan inovatif. Salah satu model pembelajaran inovatif yang  penulis terapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning  berkolaborasi dengan media Microsoft Power Point (PPT) berbasis gambar agar siswa dapat berpikir kritis, inovatif, solutif, dan kreatif. 

Selain itu, penulis juga menerapkan strategi membaca DRTA (Directed Reading Thinking Activity) yang lebih menekankan fokus siswa terhadap teks dengan cara memprediksi isi dari teks dengan membuktikannya saat membaca.

Manfaat yang diharapkan diperoleh dari penulisan RTL 

  • Agar penyampaian konsep materi descriptive text (People) lebih mudah dipahami oleh siswa
  • Untuk berbagi pengalaman kepada guru lain yang mengalami masalah yang sama dan bagaimana mengatasinya
  • Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis descriptive text (People)
  • Penggunaan model pembelajaran descriptive text (People) sebagai alternatif model pembelajaran guna memperbaiki kualitas pembelajaran

Langkah-langkah yang dilakukan

Setelah mengurai tantangan-tantangan yang penulis alami di lapangan, maka langkah-langkah yang dilakukan adalah:

1. Melakukan observasi siswa agar lebih  mengenal karakteristik siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan