Mohon tunggu...
Revani AudrivaRamadhanida
Revani AudrivaRamadhanida Mohon Tunggu... Revani

keep spirit

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar dari Rumah, Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Masa Pandemi

27 Maret 2021   12:28 Diperbarui: 27 Maret 2021   12:36 243 6 0 Mohon Tunggu...

Saat ini dunia sedang diguncang dengan muncul nya virus corona atau yang sekarang disebut dengan Covid-19 (Corona Virus Desease). Negara Indonesia pun tak luput dari paparan Covid-19. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah paparan Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara, yaitu mencapai 113.134 sampai dengan bulan Agustus 2020. 

Pemerintah di Indonesia menanamkan kebijakan untuk menyikapi permasalahan ini dengan memberlakukan social distancing kepada seluruh lapisan masyarakat. Kebijakan tersebut diberlakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini berdampak pada berbagai aktivitas termasuk diantaranya aktivitas belajar mengajar.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, pembelajaran secara daring dilakukan tidak hanya di Indonesia melainkan diseluruh penjuru dunia. Dalam segi pendidikan pembelajaran daring tentunya tidak terlepas dari peran orang tua sehingga dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini orang tua dituntut mampu membimbing anak belajar dari rumah dan mampu menggantikan guru disekolah. Orang tua diharapkan mendampingi anak ketika pembelajaran sedang berlangsung. Peran orang tua saat mendampingi anak selama belajar dirumah menjadi sangat penting.

Dalam proses pembelajaran di rumah saat masa pandemi, pasti anak mengalami rasa kecemasan, stress, sedih, bosan, jenuh, dan perasaan lainnya sehingga dapat mengakibatkan penurunan minat belajar anak itu sendiri. 

Terlebih lagi banyak anak yang kewalahan akan materi yang disampaikan oleh gurunya, sehingga tak jarang anak pun merasa bosan terhadap pembelajaran. Maka dari itu peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak memiliki minat dalam belajar dengan situasi pandemi sekarang ini.

Menumbuhkan Minat Belajar Anak

Menumbuhkan minat belajar anak menjadi kendala yang dirasakan oleh orang tua selama mendampingi anak belajar dirumah dimasa pandemi Covid-19. Hal ini tentu menjadi hambatan yang berarti, mengingat bahwa membangun motivasi anak adalah cara yang ampuh dalam membentuk hasil akademis anak yang bagus. 

Minat juga bisa diartikan sebagai suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap seseorang, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa menumbuhkan minat anak untuk belajar sangat berperan penting dalam melaksanaan aktivitas belajar atau kegiatan pembelajaran.

Agar anak tidak bosan dan jenuh dalam pembelajaran. Para orang tua sebisa mungkin membuat anak menjadi semangat dalam pembelajaran dengan memberikan hadiah kepada anak. 

Dengan memberikan hadiah anak akan merasa senang karena sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya. Hal ini dilakukan agar anak tetap mendapatkan motivasi dalam belajar terlebih lagi pembelajaran daring.

Neneng Nuryani salah satu orang tua siswa SDN Polisi 4 Bogor mengatakan banyak kesulitan dalam pembelajaran daring ini. Masalah itu banyak dialami oleh siswa Sekolah Dasar (SD). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN