Mohon tunggu...
Retno Anggi
Retno Anggi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aku suka masak dan sering baca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sosial dan Politik

9 Agustus 2022   14:23 Diperbarui: 9 Agustus 2022   14:46 94 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosial dan Politik dapat diartikan sebagai dua hubungan struktur sosial yang memiliki keterkaitan antara sifat dan tingkah laku sosial yang memiliki keeratan dengan sifat dari tingkah laku seorang lembaga politik.

Sosial dan politik memiliki persamaan yang mengandung penyelesain masalah yang berkaitan dengan keadaan politik dan sosial pada suatu negara. kehidupan sosial dapat  berpengaruh terhadap kehidupan politik suatu negara.

Diwilayah indonesia sudah terdapat banyak masalah-masalah sosial yang akhirnya menimbulkan banyak kasus yang akhirnya berdampak politik pada kehidupan suatu lembaga negara. contohnya saja pada kehidupan politik di indonesia yaitu saat pemilihan parlemen dan presiden setiap lima tahun sekali.

Kondisi sosial dan politik yang sekarang ada di indonesia bisa terjadi karena persaingan dalam dunia perpolitikan yang masih ada sampai saat ini. persaingan dalam dunia perpolitikan dapat menimbulkan berbagai dampak positif maupun dampak negatif , Untuk dampak positif diantaranya yaitu dapat dimanfaatkan sebagai alat memadukan bermacam-macam kepentingan sosial.

 Sedangkan dampak negatif dari perpolitikan yaitu selalu digunakan untuk menguras kekayaan dari suatu negara yang berkembang.

Masalah politik sering terjadi, hal tersebut terjadi karena banyak persaingan yang dilakukan dalam tindakan-tindakan yang selalu dilakukan secara tidak sehat yang biasanya dilakukan oleh beberapa anggota partai politik, serta masyarakat yang sebenarnya tidak tahu tentang politik tetapi memilih untuk mengikuti dan mencoba melakukan tindakan politik tersebut.

Tindakan politik sebenarnya sering membuat masalah dan menganggu kehidupan bermasyarakat, bagi seseorang yang melakukan tindakan politik akan membuat kesalahan besar yang akan berakibat pada jalur hukum, Oleh sebab itu sebaiknya tindakan politik yang sering terjadi ini sebaiknya segera ditindaklanjuti agar tidak menganggu kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Sedangkan tindakan sosial juga sering terjadi dalam masyarakat namun tindakan tersebut dapat memberikan hal-hal positif yang dapat diterapkan dalam masyarakat,bangsa dan negara, tindakan sosial dapat memberikan pengaruh baik kepada orang lain.

Pengaruh buruk dari tindakan politik sebaiknya harus segera kita jauhi dan lebih berhati-hati, tetapi bagi untuk yang tindakan sosial yang berpanguruh baik sebaiknya harus kita ikuti dan selalu kita jaga supaya tidak terjadi kesimpangan antara tindakan sosial dan politik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan