Mohon tunggu...
Resyifa TriayuningPramesti
Resyifa TriayuningPramesti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Communication Science 2020

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Taman Sari Pilihan Wisata Unik dan Instagramable di Yogyakarta

5 Desember 2021   23:55 Diperbarui: 6 Desember 2021   00:34 677 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Taman Sari Yogyakarta. Foto : (Resyifa Triayuning Pramesti)

Yogyakarta -- Cuaca di Kota Pelajar pada hari itu sangat bersahabat. Matahari yang ditutupi oleh awan-awan yang cantik membuat Yogyakarta terasa sangat sejuk dan terasa syahdu di hari itu. Jalanan di sekitar wilayah Keraton nampak mulai ramai, diisi oleh berbagai aktifitas warganya di hari minggu pagi. Ada yang sedang bersemangat untuk mencari rezeki, sampai ada pula yang hanya sekedar ingin mengisi perut yang lapar dengan semangkok soto dan teh hangat di pagi hari.

Di Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta terdapat sebuah tempat wisata yang sudah sangat dikenali dengan baik dari dalam negeri hingga luar negeri karena keunikannya. Kampung Wisata Taman Sari, jadi salah satu tempat yang wajib didatangi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing atau mancanegara dalam agenda liburan mereka di Kota Pelajar ini.

Di hari minggu pagi itu, pengunjung Kampung Wisata Taman Sari nampak mulai ramai berdatangan. Barisan mobil dengan berbagai variasi plat nomor kendaraan dari berbagai kota nampak berjejer dengan rapi di parkiran Kampung Wisata Taman Sari. Bukan hanya mobil, barisan motor dengan plat nomor kendaraan yang bervariasi juga terlihat memenuhi area parkir Kampung Wisata Taman Sari.

Terdapat tenda yang diisi dan dijaga oleh petugas pemeriksa pengunjung sebelum memasuki tempat wisata. Untuk dapat memasuki area Kampung Wisata Taman Sari, pengunjung diwajibkan untuk membawa dan memindai sertifikat bukti vaksinasi dengan minimal dosis pertama. Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk mencuci tangan dan selalu memakai masker di dalam area tempat Kampung Wisata Taman Sari.

Setelah melalui proses pemindaian sertifikat bukti vaksinasi, pengunjung diarahkan ke loket pembelian tiket masuk Kampung Wisata Taman Sari. Tiket masuk Kampung Wisata Taman Sari sendiri terbilang sangat terjangkau. Dibandrol dengan harga Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 15.000 untuk wisatawan asing atau wisatawan mancanegara, serta Rp. 3.000 untuk tiket penggunaan kamera di dalam area Kampung Wisata Taman Sari.

Taman Sari Yogyakarta ini sendiri merupakan salah satu tempat yang sangat bersejarah. Tempat ini merupakan salah satu situs peninggalan bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dibangun pada tahun 1758-1765, Taman Sari Yogyakarta didirikan pada zaman pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I.

Kampung Wisata Taman Sari dibuka dan beroperasi pada setiap hari, dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 2 siang. Untuk memasuki wilayah tempat wisata, pengunjung harus menaiki dan menuruni tangga yang terbilang tidak terlalu tinggi. Pengunjung akan langsung disambut oleh pemandangan kolam yang luas dan tentu saja sangat cantik saat memasuki area tempat wisata.

Terdapat berbagai spot foto yang menarik dan tentu saja instagramable yang dapat ditemui di setiap sudut wilayah Kampung Wisata Taman Sari. Di dalam area Kampung Wisata Taman Sari, terdapat pembagian wilayah yaitu terdapat empat bagian wilayah. Agar pengunjung dapat menikmati berwisata di Kampung Wisata Taman Sari tanpa kebingungan, disediakan tour guide yang dapat menuntun dan menjelaskan setiap detail Kampung Wisata Taman Sari dengan bayaran seikhlasnya.

Diketahui, Kampung Wisata Taman Sari baru saja kembali dibuka setelah tutup sementara akibat adanya pandemi Covid-19. "Taman Sari ini baru saja dibuka kembali sejak 15 hari yang lalu, baru berjalan setengah bulan setelah dibuka kembali" ucap Pak Hartono, selaku salah satu tour guide di Kampung Wisata Taman Sari. "Sebelumnya kami tutup total semenjak awal adanya covid, sekarang sudah mulai jalan dan buka kembali setiap harinya, paling ramai kalau hari libur sabtu dan minggu" tutur Pak Hartono.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan